REFLEKSI DIRI
REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)
Nama
Mahasiswa
|
:
|
ISNIYATI
|
Tanggal
|
:
|
2
Agustus 2017
|
Fakultas
|
:
|
FPBS
|
Program
Studi
|
:
|
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
|
Sekolah
Latihan
|
:
|
SMK N
2 KENDAL
|
Refleksi, yang merupakan inti
dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi
pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.
Dalam Refleksi Diri, yang
harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara
melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3
agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Fokus refleksi meliputi
aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan
format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di
Sekolah Latihan.
Jawablah dengan memberikan
tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan
“Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang
akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.
Tunjukkan hasil refleksi diri
pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan
berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
A
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah tersedia RPP?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada
pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi,
C6/kreasi)?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran
aktif?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
4
|
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi
yang hendak diukur?
|
V
|
|
|
B
|
Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
dilaksanakan?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan
suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir
tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep
atau membangun pemahaman sendiri?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru,
siswa dan sumber belajar?
|
V
|
|
|
6
|
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk
mengungkapkan pendapat?
|
V
|
|
|
7
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan
melakukan kegiatan secara langsung?
|
V
|
|
|
8
|
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!
|
V
|
|
Metode
Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
|
9
|
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari
kegiatan pembelajaran?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
10
|
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?
|
V
|
|
|
C
|
Manajemen Kelas
|
|
|
|
1
|
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas,
interkasi dan komunikasi dalam kelas?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari
segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani
dengan baik?
|
V
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
1
|
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga
dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga
siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?
|
V
|
|
|
Komentar Guru Pamong/DPL:
Sudah
baik, perlu ditingkatkan.
REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)
Nama
Mahasiswa
|
:
|
ISNIYATI
|
Tanggal
|
:
|
7
Agustus 2017
|
Fakultas
|
:
|
FPBS
|
Program
Studi
|
:
|
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
|
Sekolah
Latihan
|
:
|
SMK N
02 KENDAL
|
Refleksi, yang merupakan inti
dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi
pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.
Dalam Refleksi Diri, yang
harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara
melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3
agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Fokus refleksi meliputi
aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan
format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di
Sekolah Latihan.
Jawablah dengan memberikan
tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan
“Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang
akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.
Tunjukkan hasil refleksi diri
pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan
berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
A
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah tersedia RPP?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada
pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi,
C6/kreasi)?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran
aktif?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
4
|
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi
yang hendak diukur?
|
V
|
|
|
B
|
Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
dilaksanakan?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan
suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir
tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep
atau membangun pemahaman sendiri?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru,
siswa dan sumber belajar?
|
V
|
|
|
6
|
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk
mengungkapkan pendapat?
|
V
|
|
|
7
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan
melakukan kegiatan secara langsung?
|
V
|
|
|
8
|
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!
|
V
|
|
Metode
Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
|
9
|
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari
kegiatan pembelajaran?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
10
|
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?
|
V
|
|
|
C
|
Manajemen Kelas
|
|
|
|
1
|
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi
dan komunikasi dalam kelas?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari
segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani
dengan baik?
|
V
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
1
|
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga
dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga
siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?
|
|
V
|
Siswa
perlu didorong agar mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka.
|
3
|
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?
|
V
|
|
|
Komentar Guru Pamong/DPL:
Sudah
baik, perlu ditingkatkan.
REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)
Nama
Mahasiswa
|
:
|
ISNIYATI
|
Tanggal
|
:
|
21
Agustus 2017
|
Fakultas
|
:
|
FPBS
|
Program
Studi
|
:
|
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
|
Sekolah
Latihan
|
:
|
SMK N
02 KENDAL
|
Refleksi, yang merupakan inti
dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi
pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.
Dalam Refleksi Diri, yang
harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara
melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3
agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Fokus refleksi meliputi
aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan
format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di
Sekolah Latihan.
Jawablah dengan memberikan
tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan
“Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang
akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.
Tunjukkan hasil refleksi diri
pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan
berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
A
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah tersedia RPP?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada
pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi,
C6/kreasi)?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran
aktif?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
4
|
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi
yang hendak diukur?
|
V
|
|
|
B
|
Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
dilaksanakan?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan
suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir
tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep
atau membangun pemahaman sendiri?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru,
siswa dan sumber belajar?
|
V
|
|
|
6
|
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk
mengungkapkan pendapat?
|
V
|
|
|
7
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan
melakukan kegiatan secara langsung?
|
V
|
|
|
8
|
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!
|
V
|
|
Metode
Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
|
9
|
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari
kegiatan pembelajaran?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
10
|
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?
|
V
|
|
|
C
|
Manajemen Kelas
|
|
|
|
1
|
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi
dan komunikasi dalam kelas?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari
segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani
dengan baik?
|
V
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
1
|
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga
dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga
siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?
|
V
|
|
|
Komentar Guru Pamong/DPL:
Sudah
baik, perlu ditingkatkan.
REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)
Nama
Mahasiswa
|
:
|
ISNIYATI
|
Tanggal
|
:
|
28
Agustus 2017
|
Fakultas
|
:
|
FPBS
|
Program
Studi
|
:
|
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
|
Sekolah
Latihan
|
:
|
SMK N
02 KENDAL
|
Refleksi, yang merupakan inti
dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi
pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.
Dalam Refleksi Diri, yang
harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara
melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3
agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Fokus refleksi meliputi
aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan
format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di
Sekolah Latihan.
Jawablah dengan memberikan
tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan
“Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang
akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.
Tunjukkan hasil refleksi diri
pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan
berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
A
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah tersedia RPP?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada
pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi,
C6/kreasi)?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran
aktif?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
4
|
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi
yang hendak diukur?
|
V
|
|
|
B
|
Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
dilaksanakan?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan
suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir
tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep
atau membangun pemahaman sendiri?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru,
siswa dan sumber belajar?
|
V
|
|
|
6
|
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan
pendapat?
|
V
|
|
|
7
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan
melakukan kegiatan secara langsung?
|
V
|
|
|
8
|
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!
|
V
|
|
Metode
Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
|
9
|
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari
kegiatan pembelajaran?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
10
|
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?
|
V
|
|
|
C
|
Manajemen Kelas
|
|
|
|
1
|
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas,
interkasi dan komunikasi dalam kelas?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari
segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani
dengan baik?
|
V
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
1
|
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga
dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga
siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?
|
V
|
|
|
Komentar Guru Pamong/DPL:
Sudah
baik, perlu ditingkatkan.
REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)
Nama
Mahasiswa
|
:
|
ISNIYATI
|
Tanggal
|
:
|
04
September 2017
|
Fakultas
|
:
|
FPBS
|
Program
Studi
|
:
|
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
|
Sekolah
Latihan
|
:
|
SMK N
02 KENDAL
|
Refleksi, yang merupakan inti
dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi
pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.
Dalam Refleksi Diri, yang
harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara
melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3 agar
dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Fokus refleksi meliputi
aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format
di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di
Sekolah Latihan.
Jawablah dengan memberikan
tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan
“Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang
akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.
Tunjukkan hasil refleksi diri
pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan
berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
A
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah tersedia RPP?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada
pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi,
C6/kreasi)?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran
aktif?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
4
|
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi
yang hendak diukur?
|
V
|
|
|
B
|
Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
dilaksanakan?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan
suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir
tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep
atau membangun pemahaman sendiri?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru,
siswa dan sumber belajar?
|
V
|
|
|
6
|
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk
mengungkapkan pendapat?
|
V
|
|
|
7
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan
melakukan kegiatan secara langsung?
|
V
|
|
|
8
|
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!
|
V
|
|
Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
|
9
|
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari
kegiatan pembelajaran?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
10
|
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?
|
V
|
|
|
C
|
Manajemen Kelas
|
|
|
|
1
|
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi
dan komunikasi dalam kelas?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari
segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani
dengan baik?
|
V
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
1
|
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga
dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga
siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?
|
V
|
|
|
Komentar Guru Pamong/DPL:
Sudah
baik, perlu ditingkatkan.
REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)
Nama
Mahasiswa
|
:
|
ISNIYATI
|
Tanggal
|
:
|
11 September 2017
|
Fakultas
|
:
|
FPBS
|
Program
Studi
|
:
|
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
|
Sekolah
Latihan
|
:
|
SMK N
02 KENDAL
|
Refleksi, yang merupakan inti
dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi
pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.
Dalam Refleksi Diri, yang
harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara
melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3
agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Fokus refleksi meliputi
aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan
format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di
Sekolah Latihan.
Jawablah dengan memberikan
tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan
“Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang
akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.
Tunjukkan hasil refleksi diri
pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan
berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
A
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah tersedia RPP?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada
pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi,
C6/kreasi)?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran
aktif?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
4
|
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi
yang hendak diukur?
|
V
|
|
|
B
|
Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
dilaksanakan?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan
suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir
tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep
atau membangun pemahaman sendiri?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru,
siswa dan sumber belajar?
|
V
|
|
|
6
|
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan
pendapat?
|
V
|
|
|
7
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan
melakukan kegiatan secara langsung?
|
V
|
|
|
8
|
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!
|
V
|
|
Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
|
9
|
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari
kegiatan pembelajaran?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
10
|
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?
|
V
|
|
|
C
|
Manajemen Kelas
|
|
|
|
1
|
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas,
interkasi dan komunikasi dalam kelas?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari
segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani
dengan baik?
|
V
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
1
|
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga
dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga
siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?
|
V
|
|
|
Komentar Guru Pamong/DPL:
Sudah
baik, perlu ditingkatkan.
REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)
Nama
Mahasiswa
|
:
|
ISNIYATI
|
Tanggal
|
:
|
18 September 2017
|
Fakultas
|
:
|
PBI
|
Program
Studi
|
:
|
PENDIDIKAN
BAHASA INGGRIS
|
Sekolah
Latihan
|
:
|
SMK N
02 KENDAL
|
Refleksi, yang merupakan inti
dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi
pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.
Dalam Refleksi Diri, yang
harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara
melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan PPL-2 agar
dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.
Fokus refleksi meliputi
aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan
format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa PPL-2 di
Sekolah Latihan.
Jawablah dengan memberikan
tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan
“Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang
akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.
Tunjukkan hasil refleksi diri
pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan
berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
A
|
Perencanaan Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah tersedia RPP?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada
pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi,
C6/kreasi)?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran
aktif?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
4
|
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi
yang hendak diukur?
|
V
|
|
|
B
|
Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
1
|
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran
dilaksanakan?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan
suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir
tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep
atau membangun pemahaman sendiri?
|
V
|
|
|
5
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru,
siswa dan sumber belajar?
|
V
|
|
|
6
|
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk
mengungkapkan pendapat?
|
V
|
|
|
7
|
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan
melakukan kegiatan secara langsung?
|
V
|
|
|
8
|
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!
|
V
|
|
Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
|
9
|
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari
kegiatan pembelajaran?
|
V
|
|
|
No
|
Aspek yang Direfleksi
|
Ya
|
Tidak
|
Rencana Perbaikan
|
10
|
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?
|
V
|
|
|
C
|
Manajemen Kelas
|
|
|
|
1
|
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?
|
V
|
Perlu diterapkan lebih baik lagi agar siswa disiplin
|
|
2
|
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas,
interkasi dan komunikasi dalam kelas?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?
|
V
|
|
|
4
|
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?
|
V
|
Perlu dikelola dengan baik agar lebih efektif
|
|
5
|
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari
segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani
dengan baik?
|
V
|
|
|
D
|
Penilaian
|
|
|
|
1
|
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga
dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?
|
V
|
|
|
2
|
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga
siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?
|
V
|
|
|
3
|
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?
|
V
|
|
|
Komentar Guru Pamong/DPL:
Sudah
baik, perlu ditingkatkan.
Komentar