REFLEKSI DIRI

REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)

Nama Mahasiswa
:
ISNIYATI
Tanggal
:
2 Agustus 2017
Fakultas
:
FPBS
Program Studi
:
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Sekolah Latihan
:
SMK N 2 KENDAL

Refleksi, yang merupakan inti dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.

Dalam Refleksi Diri, yang harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3 agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Fokus refleksi meliputi aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di Sekolah Latihan.

Jawablah dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan “Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.

Tunjukkan hasil refleksi diri pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.

No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
A
Perencanaan Pembelajaran



1
Apakah tersedia RPP?

V


2
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi, C6/kreasi)?
V


3
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran aktif?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
4
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur?


V


B
Strategi Pembelajaran



1
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dilaksanakan?

V


2
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?

V


3
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?

V


4
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep atau membangun pemahaman sendiri?

V


5
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar?


V


6
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat?

V


7
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan melakukan kegiatan secara langsung?

V


8
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!

V

Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
9
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari kegiatan pembelajaran?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
10
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?


V


C
Manajemen Kelas



1
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?

V


2
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi dan komunikasi dalam kelas?

V


3
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?

V


4
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?

V


5
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani dengan baik?

V


D
Penilaian



1
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?

V


2
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?

V


3
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?

V



Komentar Guru Pamong/DPL:
­­­­­­­­­­Sudah baik, perlu ditingkatkan.


REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)

Nama Mahasiswa
:
ISNIYATI
Tanggal
:
7 Agustus 2017
Fakultas
:
FPBS
Program Studi
:
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Sekolah Latihan
:
SMK N 02 KENDAL

Refleksi, yang merupakan inti dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.

Dalam Refleksi Diri, yang harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3 agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Fokus refleksi meliputi aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di Sekolah Latihan.

Jawablah dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan “Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.

Tunjukkan hasil refleksi diri pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.

No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
A
Perencanaan Pembelajaran



1
Apakah tersedia RPP?

V


2
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi, C6/kreasi)?
V


3
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran aktif?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
4
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur?


V


B
Strategi Pembelajaran



1
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dilaksanakan?

V


2
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?

V


3
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?

V


4
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep atau membangun pemahaman sendiri?

V


5
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar?


V


6
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat?

V


7
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan melakukan kegiatan secara langsung?

V


8
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!

V

Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
9
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari kegiatan pembelajaran?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
10
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?


V


C
Manajemen Kelas



1
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?

V


2
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi dan komunikasi dalam kelas?

V


3
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?

V


4
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?

V


5
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani dengan baik?

V


D
Penilaian



1
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?

V


2
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?


V
Siswa perlu didorong agar mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka.
3
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?

V



Komentar Guru Pamong/DPL:
­­­­­­­­­­Sudah baik, perlu ditingkatkan.


REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)

Nama Mahasiswa
:
ISNIYATI
Tanggal
:
21 Agustus  2017
Fakultas
:
FPBS
Program Studi
:
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Sekolah Latihan
:
SMK N 02 KENDAL

Refleksi, yang merupakan inti dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.

Dalam Refleksi Diri, yang harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3 agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Fokus refleksi meliputi aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di Sekolah Latihan.

Jawablah dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan “Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.

Tunjukkan hasil refleksi diri pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.

No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
A
Perencanaan Pembelajaran



1
Apakah tersedia RPP?

V


2
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi, C6/kreasi)?
V


3
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran aktif?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
4
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur?


V


B
Strategi Pembelajaran



1
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dilaksanakan?

V


2
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?

V


3
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?

V


4
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep atau membangun pemahaman sendiri?

V


5
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar?


V


6
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat?

V


7
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan melakukan kegiatan secara langsung?

V


8
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!

V

Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
9
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari kegiatan pembelajaran?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
10
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?


V


C
Manajemen Kelas



1
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?

V


2
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi dan komunikasi dalam kelas?

V


3
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?

V


4
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?

V


5
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani dengan baik?

V


D
Penilaian



1
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?

V


2
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?

V


3
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?

V



Komentar Guru Pamong/DPL:
­­­­­­­­­­Sudah baik, perlu ditingkatkan.


REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)

Nama Mahasiswa
:
ISNIYATI
Tanggal
:
28 Agustus  2017
Fakultas
:
FPBS
Program Studi
:
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Sekolah Latihan
:
SMK N 02 KENDAL

Refleksi, yang merupakan inti dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.

Dalam Refleksi Diri, yang harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3 agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Fokus refleksi meliputi aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di Sekolah Latihan.

Jawablah dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan “Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.

Tunjukkan hasil refleksi diri pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.

No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
A
Perencanaan Pembelajaran



1
Apakah tersedia RPP?

V


2
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi, C6/kreasi)?
V


3
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran aktif?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
4
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur?


V


B
Strategi Pembelajaran



1
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dilaksanakan?

V


2
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?

V


3
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?

V


4
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep atau membangun pemahaman sendiri?

V


5
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar?


V


6
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat?

V


7
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan melakukan kegiatan secara langsung?

V


8
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!

V

Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
9
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari kegiatan pembelajaran?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
10
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?


V


C
Manajemen Kelas



1
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?

V


2
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi dan komunikasi dalam kelas?

V


3
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?

V


4
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?

V


5
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani dengan baik?

V


D
Penilaian



1
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?

V


2
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?

V


3
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?

V



Komentar Guru Pamong/DPL:
­­­­­­­­­­Sudah baik, perlu ditingkatkan.


REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)

Nama Mahasiswa
:
ISNIYATI
Tanggal
:
04 September 2017
Fakultas
:
FPBS
Program Studi
:
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Sekolah Latihan
:
SMK N 02 KENDAL

Refleksi, yang merupakan inti dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.

Dalam Refleksi Diri, yang harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3 agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Fokus refleksi meliputi aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di Sekolah Latihan.

Jawablah dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan “Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.

Tunjukkan hasil refleksi diri pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.

No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
A
Perencanaan Pembelajaran



1
Apakah tersedia RPP?

V


2
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi, C6/kreasi)?
V


3
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran aktif?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
4
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur?


V


B
Strategi Pembelajaran



1
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dilaksanakan?

V


2
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?

V


3
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?

V


4
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep atau membangun pemahaman sendiri?

V


5
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar?


V


6
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat?

V


7
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan melakukan kegiatan secara langsung?

V


8
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!

V

Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
9
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari kegiatan pembelajaran?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
10
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?


V


C
Manajemen Kelas



1
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?

V


2
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi dan komunikasi dalam kelas?

V


3
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?

V


4
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?

V


5
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani dengan baik?

V


D
Penilaian



1
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?

V


2
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?

V


3
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?

V



Komentar Guru Pamong/DPL:
­­­­­­­­­­Sudah baik, perlu ditingkatkan.


REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)

Nama Mahasiswa
:
ISNIYATI
Tanggal
:
11 September 2017
Fakultas
:
FPBS
Program Studi
:
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Sekolah Latihan
:
SMK N 02 KENDAL

Refleksi, yang merupakan inti dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.

Dalam Refleksi Diri, yang harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan Magang 3 agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Fokus refleksi meliputi aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa Magang 3 di Sekolah Latihan.

Jawablah dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan “Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.

Tunjukkan hasil refleksi diri pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.

No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
A
Perencanaan Pembelajaran



1
Apakah tersedia RPP?

V


2
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi, C6/kreasi)?
V


3
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran aktif?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
4
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur?


V


B
Strategi Pembelajaran



1
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dilaksanakan?

V


2
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?

V


3
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?

V


4
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep atau membangun pemahaman sendiri?

V


5
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar?


V


6
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat?

V


7
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan melakukan kegiatan secara langsung?

V


8
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!

V

Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
9
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari kegiatan pembelajaran?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
10
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?


V


C
Manajemen Kelas



1
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?

V


2
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi dan komunikasi dalam kelas?

V


3
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?

V


4
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?

V


5
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani dengan baik?

V


D
Penilaian



1
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?

V


2
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?

V


3
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?

V



Komentar Guru Pamong/DPL:
­­­­­­­­­­Sudah baik, perlu ditingkatkan.


REFLEKSI DIRI
(Proses Pembelajaran)

Nama Mahasiswa
:
ISNIYATI
Tanggal
:
18 September 2017
Fakultas
:
PBI
Program Studi
:
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
Sekolah Latihan
:
SMK N 02 KENDAL

Refleksi, yang merupakan inti dari belajar adalah mengingat kembali, memikirkan, merenungkan dan mengevaluasi pengalaman masa lampau untuk mendapatkan perbaikan.

Dalam Refleksi Diri, yang harus dilakukan mahasiswa praktikan adalah melakukan refleksi dengan cara melihat kembali pembelajaran yang telah dilakukan selama pelaksanaan PPL-2 agar dapat melakukan perbaikan pada pembelajaran berikutnya.

Fokus refleksi meliputi aspek-aspek berikut dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dan menggunakan format di bawah ini dan dilakukan minimal 6 (enam) kali selama masa PPL-2 di Sekolah Latihan.

Jawablah dengan memberikan tanda centang (v) pada kolom “Ya” bila sesuai dengan yang saudara lakukan dan “Tidak” bila tidak sesuai. Bila jawaban saudara “Tidak”, maka tuliskan apa yang akan saudara lakukan untuk langkah perbaikan berikutnya.

Tunjukkan hasil refleksi diri pada guru pamong dan dosen pembimbing saudara untuk mendapatkan balikan berdasarkan analisis hasil pengamatan guru pamong dan dosen pembimbing.

No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
A
Perencanaan Pembelajaran



1
Apakah tersedia RPP?

V


2
Apakah indikator pembelajaran mengarah pada pengembangan berpikir tingkat tinggi (C3/aplikasi, C4/analisis, C5/evaluasi, C6/kreasi)?
V


3
Apakah kegiatan/pengalaman belajar menggambarkan pembelajaran aktif?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
4
Apakah bentuk penilaian yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang hendak diukur?


V


B
Strategi Pembelajaran



1
Apakah apersepsi dan penyampaian tujuan pembelajaran dilaksanakan?

V


2
Apakah kegiatan pembelajaran menunjukkan suasana yang menyenangkan dan mendorong antusias siswa?

V


3
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa untuk berpikir tingkat tinggi (kegiatan untuk menjawab pertanyaan Mengapa dan Bagaimana)?

V


4
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa menemukan konsep atau membangun pemahaman sendiri?

V


5
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong interaksi antara guru, siswa dan sumber belajar?


V


6
Apakah kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapat?

V


7
Apakah kegiatan pembelajaran mendorong siswa mengalami dan melakukan kegiatan secara langsung?

V


8
Apakah ada variasi metode pembelajaran? Jika ya, sebutkan!

V

Metode Peer Teaching, Diskusi kelompok, Tanya jawab.
9
Apakah ada kegiatan refleksi untuk menemukan pesan moral dari kegiatan pembelajaran?


V


No
Aspek yang Direfleksi
Ya
Tidak
Rencana Perbaikan
10
Apakah kesimpulan dan penguatan diberikan?


V


C
Manajemen Kelas



1
Apakah tata tertib kelas ada dan diterapkan dengan baik?

V
Perlu diterapkan lebih baik lagi agar siswa disiplin
2
Apakah kelas ditata dengan baik sehingga memudahkan mobilitas, interkasi dan komunikasi dalam kelas?

V


3
Apakah intruksi untuk setiap kegiatan disampaikan dengan jelas?

V


4
Apakah waktu untuk setiap langkah kegiatan dikelola dengan baik?

V
Perlu dikelola dengan baik agar lebih efektif
5
Apakah bahan dan peralatan pembelajaran dikelola dengan baik dari segi jumlah, penataan, dan penggunaannya sehingga semua siswa terlayani dengan baik?

V


D
Penilaian



1
Apakah perkembangan belajar siswa dipantau dengan baik sehingga dapat diketahui kemajuan dan kesulitan belajar mereka?

V


2
Apakah umpan balik diberikan terhadap hasil belajar sehingga siswa mengetahui kekuatan dan kelemahan mereka?

V


3
Apakah guru memberikan penghargaan (misal: pujian)?

V



Komentar Guru Pamong/DPL:
­­­­­­­­­­Sudah baik, perlu ditingkatkan.



Komentar

Postingan Populer