RPP INTRODUCTION SMK
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Kendal
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / Gasal
Materi Pokok : Introduction
Sub Materi Pokok : Teks lisan dan tulis sederhana, untuk
memaparkan, menanyakan. Dan merespon
pemaparan jati diri.
Alokasi Waktu : 2 x 3jp
A. KOMPETENSI INTI
KI-3
(Pengetahuan) : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4
(Keterampilan) : Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Bahasa
Inggris.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun:
subjective, objective, possessive)
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. INDIKATOR
(Pengetahuan)
3.1.1 Menganalisis fungsi social , struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari pemaparan text jatidiri.
3.1.2
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait jati sesuai dengan
konteks penggunaannya.
(Penerapan)
4.1.1 Menyusun percakapan/text monolog
pemaparan jati diri
4.1.3 Memperagakan percakapan tentang
pemaparan jati diri.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
(Pengetahuan)
3.1.1 Setelah
mengamati suara audio, sispeserta
didik dapat mengetahui contoh cara memperkenalkan diri beserta konten-kontenya.
3.1.2 Setelah melakukan diskusi kelompok peserta
didik dapat menerapkan
contoh lain berbagai macam ungkapa-
ungkapan pemaparan jati diri ke dalam text.
3.1.3 Setelah mempelajari berbagai contoh ungkapan – ungkapan introduction, peserta didik dapat unsur
kebahasaan dari pemaparan text jati diri.
(Penerapan)
4.1.1 Setelah mengkaji lebih dalam mengenai pemaparan text Introduction, Peserta
didik dapat menyusun percakapan/text monolog pemaparan jati diri
4.1.2 Setelah mendapat pengarahan dari guru, Peserta
didik dapat memperagakan percakapan
tentang pemaparan jati diri.
4.1.3 Setelah mempelajari lebih lanjut mengenai text Introduction, Peserta
didik dapat merespon pertanyaan yang di
berikan oleh guru/peserta didik .
- MATERI PEMBELAJARAN
A.
Introducing
The
expression of self introduction:
·
My name is …
·
I want to introduce my self.
·
Let me introduce my self
·
May I introduce my self
·
Pleased to meet you, I’m ….
Introducing
others :
·
Have you meet …
·
Nabila, please meet Isni.
·
Ihsan, this is Bima, the one I told you
about.
·
May I introduce you to …
·
This is my friend …
Responses :
·
Nice to meet you.
·
Please to meet you.
·
How do you do ?
B.
Greetings and leave takings
Greetings
Expression
|
Responses
|
|
|
Leave takings
Leave
takings
|
Responses
|
|
|
F. METODE
Model
: project-based learning
Pendekatan : saintifik (scientific)
Technique : Group discussion, Simulation,
group and individual assignment berbasis
proyek (project-based learning)
G. MEDIA , ALAT, DAN SUMBER BELAJARAN
1.
Media : buku, audio.
2.
Alat / Bahan : white board dan board marker.
3.
Sumber belajar :
forward an English(course for Vocational School Students Grade X) kurikulum
2013
H. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
1) Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
Peserta
didik membalas salam guru
|
10
menit
|
Peserta
didik berdoa bersama dengan guru
|
|
Peserta
didik menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
|
2) Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
|
a. Menentukan
pertanyaan dasar
|
||
Peserta
didik siap mengikuti pelajaran tentang menunjukkan mengenalkan (introduction)diri
sendiri/ pada orang lain.
|
105
menit
|
|
Peserta didik mendengarkan dengan seksama audio yang di
putar oleh guru.
|
|
|
Peserta
didik mengamati
audio yang di putarkan oleh guru.
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik bertanya tentang audio yang telah di perdengarkan.
|
||
Perserta didik menjelaskan dengan seksama
|
||
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang manfaat atau alasan orang
menunjukkan ungkapan-ungkapan tentang pemaparan jati diri
|
||
Peserta
didik mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukan ungkapan-ungkapan
tentang pemaparan jati diri. misalnya: fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan.
|
b. Membuat desain proyek
|
|
Peserta didik mempertanyakan
tentang perbedaan berbagai ungkapan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
|
|
Peserta didik bertanya
tentang kemungkinan menggunakan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri
dengan media yang lain.
|
|
Peserta didik bertanya tentang
berbagai konteks penggunaan berbagai ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri
|
|
c. Menyusun penjadwalan
|
|
Peserta didik membaca sebuah
teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri yang belum lengkap
|
|
Peserta didik mendengar rekaman
percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri dengan
seksama
|
|
Peserta didik melengkapi
percakapan tersebut dengan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri yang didengarnya
|
|
d. Memonitor kemajuan proyek
|
|
Peserta didik membaca sebuah
teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri.
|
|
Peserta didik
membandingkan dan mencatat perbedaan ungkapan-ungkapan
tentangpemaparan jati diri dan konteks yang digunakan pada teks tersebut
dengan teks yang sebelumnya
|
|
e. Mengkonunikasikan
|
|
Peserta didik secara berpasangan
mempelajari percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan
jati diri
|
|
Peserta didik secara berpasangan
berlatih melakukan percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan
tentangpemaparan jati diri yang telah dipelajari
|
|
Peserta didik mencatat semua
masukan guru baik dari aspek struktur teks, kebahasaan maupun ucapan, tekanan
kata dan intonasi
|
Peserta didik menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris padaungkapan-ungkapan
tentangpemaparan jati diri dalam jurnal belajar atau lembar refleksi
diri.
|
3) Kegiatan
Penutup
Peserta
didik
|
Waktu
|
Peserta
didik dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
|
20
menit
|
Peserta
didik menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang
dilakukan.
|
|
Peserta
didik mengerjakan latihan soal ungkapan-ungkapan tentang pemaparan
jati diri
|
|
Peserta
didik membuat rekaman film
percakapan tentangungkapan-ungkapan tpemaparan jati diri di
luar kelas secara berpasangan atau berkelompok (maksimal 4 orang)
|
|
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan
pertemuan berikutnya
|
Pertemuan
2
1) Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
Peserta
didik membalas salam guru
|
10
menit
|
Peserta
didik berdoa bersama dengan guru
|
|
Peserta
didik menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
|
2) Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
a. Memonitor
kemajuan proyek
|
|
Peserta
didik siap mengikuti pelajaran tentang menunjukkan ungkapan-ungkapan
tentang pemaparan jati diri.
|
105
menit
|
Peserta didik mempresentasikan hasil tugas yang sudah
di berikan.
|
|
Pesertadidik mendapat umpan balik dari guru.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan
kartutentang ungkapan-ungkapan pemaparan jati diri, mis. Kartu
nama, paspor, dsb.
|
|
Peserta
didik mengidentifikasi kata-kata atau frasa-frasa yang digunakan untuk
mengungkapkanpemaparan jati diri, mis. Kartu nama, paspor, dsb.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang manfaat atau e
orang memaparkan jati diri.
|
b. Penilaian
hasil
|
|
Peserta
didik mempertanyakan tentang budaya menggunakan kartu nama
dalam budaya Inggris dan budaya Indonesia
|
|
Peserta
didik mempertanyakan tentangmacam kartu nama.
|
|
Peserta
didik bertanya tentang kemungkinan menggunakan media yang lain.
|
|
c. Mengevaluasi
pengalaman.
|
|
Peserta
didik membaca sebuah teks tentang ungkapanpemaparan jati diri.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan kartu
ucapan untukpemaparan jati diri.
|
Peserta
didik mencatat semua masukan guru baik dari aspek fungsi ember, struktur
teks, bentuk bahasa maupun format penulisannya.
|
|
Peserta
didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris
untukmemaparkan jati diri dalam jurnal belajar atau lembar refleksi
diri.
|
3) Kegiatan
Penutup
Peserta
didik
|
Waktu
|
Peserta
didik dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
|
20
menit
|
Peserta
didik menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang
dilakukan
|
|
Peserta
didik mengerjakan latihan soalpemaparan jati diri.
|
|
Peserta
didik membuat sebuah kartunama.
|
|
Peserta
didik membuat surat lamaran pekerjaan.
|
|
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan
berikutnya
|
I.
RUBRIK
PENILAIAN
1.
Penilaian Kemampuan Pengetahuan dan soal (Lampiran1 )
Kendaal, 18 September 2017
Mengetahui
Guru Pembimbing MagangIII Mahasiswa Magang
III
Aji Rizki Amalia S,Pd. M,Pd. Isniyati
NIP
19840910 201001 1 026 NPM. 14420138
Komentar