LAPORAN AKHIR KEGIATAN MAGANG I





LAPORAN AKHIR KEGIATAN MAGANG I
Di Sekolah SMK Negeri 8 Semarang
Jl.Pandanaran II / 2
Oleh :


1.      Ahmad Kharis A. N                   (13317007)
2.      Septiyana Dwi .S                       (13317010)
3.      Deny Andriyanti                        (13317008)






PROGAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2014



HALAMAN PENGESAHAN



LAPORAN AKHIR MAGANG 1
Di SMK Negeri 8 Semarang
Oleh:
1.      Ahmad Kharis Ainun Naim                     (13317007)
2.      Septiyana Dwi .S                                     (13317010)
3.      Deny Andriyanti                                      (13317008)




DISAHKAN OLEH:


Dosen Pembimbing Magang 1



Dra. Intan Indiati, M.Pd.
NIP. 19610429 1986032 002

Guru Pembimbing Magang 1



Drs. H.Purwono
NIP/NIY.19580416 198603 1011


Kata Pengantar
Segala puji dan syukur  kami panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kami semua. Terimakasih juga kami ucapkan kepada Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 8 Mijen dan Bapak/Ibu Guru yang telah membantu kami dalam  pelaksanaan Magang 1 sehingga berjalan dengan lancar dan dapat mencapai tujuan.
Ada pun tujuan dari kegiatan  Magang 1 adalah :
1.      Mahasiswa dapat mengamati  langsung kultur sekolah.
2.      Mahasiswa dapat malaksanakan pengamatan untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial.
3.      Mahasiswa dapat malaksanakan pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik
4.      Mahasiswa dapat malaksanakan pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas.
5.      Mahasiswa dapat merefleksi hasil pengamatan proses pembelajaran.
Kami menyadari bahwa laporan ini belum sempurna. Oleh karena itu kami mohon maaf apabila terdapat kesalahan, kekeliruan ataupun kekurangan dalam laporan  ini. Dan demi meningkatkan kualitas laporan ini kami mengharapkan segala saran dan kritik.


Semarang, 21 Agustus 2015



Daftar Isi

Halaman Judul........................................................................................... ......... i
Halaman Pengesahan ................................................................................ ......... ii
Kata Pengantar ......................................................................................... ......... iii
Daftar Isi .................................................................................................. ......... iv
BAB I  PENDAHULUAN....................................................................... ......... 1
BAB II PELAKSANAAN MAGANG................................................... ......... 2
A.    Laporan Hasil Observasi 1 ............................................................ ......... 2
B.     Laporan Hasil Observasi 2 ............................................................ ......... 19  
C.     Laporan Hasil Observasi 3 ............................................................ ......... 21
BAB III HAMBATAN DAN PEMECAHANNYA .............................. ......... 27
BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN ............................................... ......... 28
Lampiran ................................................................................................... ......... 29









BAB I
PENDAHULUAN

Praktik pengalaman lapangan merupakan mata kuliah yang harus diikuti sebagai prasyarat sebelum skripsi untuk bisa memperoleh gelar sebagai sarjana pendidikan. Banyak diantara mahasiswa PPL yang ternyata ketika diterjunkan ke sekolah belum bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, terutama dalam hal sosialisasi dengan siswa maupun guru-guru yang ada di sekolah. Beberapa sekolah pun mengeluhkan hal ini, padahal mahasiswa yang diterjunkan ke sekolahan adalah mahasiswa yang lulus pada PPL 1.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu diadakannya mata kuliah yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun dan mengajar langsung di sekolah, seperti mata kuliah yang mengharuskan mahasiwa untuk lebih mengenal bagaimana lingkungan sekolah, pengelolaan sekolah, maupun pelaksanaan pembelajaran oleh guru sejak dini. Dengan adanya mata kuliah tersebut, mahasiswa akan lebih siap ketika diterjunkan kesekolah untuk mengajar sehingga dapat mencapai kompetensi yang diperlukan oleh seorang guru. Oleh karena itu diadakannya mata kuliah magang 1 dalam hal mempersiapkan mahasiswa untuk praktek mengajar disekolah sejak dini.
Ada beberapa hal yang menarik dari mata kuliah ini antara lain: mahasiswa hanya melakukan observasi disekolah bersama kelompoknya masing-masing tanpa di dampingi oleh dosen. Berbeda dengan PPL 2 yang mendapatkan dampingan dari dosen disetiap sekolahnya, selain itu juga dalam satu semester mahasiswa tidak setiap hari terjun kesekolah melainkan terjadwal dan hanya 6 kali dalam 3 minggu selama satu semesternya. Dengan dilaksanakannya mata kuliah magang 1 ini, diharapkan mahasiswa bisa lebih siap untuk melaksanakan praktek mengajar disekolah dan tidak ada lagi mahasiswa yang terkesan tidak bisa mengajar ketika diterjunkan untuk mengajar langsung disekolah.



BAB II
PELAKSANAAN MAGANG 1

LEMBAR OBSERVASI 1

Nama Sekolah yang Diamati           : SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang
Tanggal Pengamatan                        : 18 Agustus 2015

A.      Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
Visi
Taat beribadah, berakhlaq mulia, unggul ilmu, dan terampil.
Misi
Menyelenggarakan Pendidikan yang berorientasi pada tercapainya visi pendidikan Muhammadiyah dengan :
·         Memberikan pendidikan Agama Islam Sebanyak 7 jam perminggu (Religius).
·         Mengajar Ilmu Pengetahuan dan teknologi dasar sesuai jenjang pendidikan SMP.
·         Memberikan keterampilan dasar sebagai bekal hidup mandiri (kreatif)
·         Memberi Pendidikan Kemuhammadiyahan sebagai mata pelajaran ciri khusus.
·         Memberi pendidikan kemuhammadiyahan sebagai mata pelajaran ciri khusus perguruan Muhammadiyah (Peduli Sosial).

B.       Pengelola / pimpinan sekolah

C.       Komite sekolah


D.      Praktek baik atau tradisi baik yang dilakukan sekolah (Best Practices) yang mungkin berbeda dari sekolah lain.
ü  Saat masuk kelas seluruh siswa dan guru melepas alas kaki (sepatu).
ü  Sebelum KBM di mulai :
1.      Tadarus Al Qur’an bersama di pimpin oleh guru yang mengampu pada jam pertama.
2.      Menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama.
ü  Sesudah KBM selesai :
1.      Sholat dzuhur berjamaah di Masjid sekolah.
2.      Menyanyikan lagu daerah di pimpin oleh guru yang mengampu pada jam terakhir.



E.       Kurikulum yang diterapkan di sekolah dan bagaimana pengembangannya
SMP Muhammadiyah 8 Mijen Semarang tahun ajaran 2014/2015 pada semester 1 sempat menggunakan Kurikulum 2013 karena prosedurnya sulit untuk diaplikasikan di dalam sekolah maka pada semester 2 dan selanjutnya sekolah menyepakati untuk kembali ke kurikulum KTSP 2006 yang lebih efektif.
Untuk lebih mengembangkan kurikulum KTSP 2006 yang lebih baik, sekolah mencontoh beberapa point yang ada pada kurikulum 2013 untuk di terapkan di sekolah. Seperti menerapkan sistem berdiskusi dan mengajak siswa untuk aktif bertanya-jawab di kelas saat KBM.

F.        Keadaan Fisik Sekolah
(Amati keadaan fisik sekolah, ada baiknya dilengkapi dengan foto/video, uraikan secara detail keunggulan, kelemahan dan permasalahan yang ada)
  1. Luas tanah                   : 6561 m2
  2. Jumlah Ruang Kelas   : 15
  3. Ukuran Ruang Kelas   : 7 x 9 m2
  4. Bangunan lain yang ada
a.        Ruang Musik                    luasnya: 9x15  m2
b.       Lab IPA                          luasnya: 9x16 m2
c.        Perpustakaan                    luasnya: 10x16 m2
d.       Kantin Sekolah                luasnya: 8x12 m2
e.       Masjid                               luasnya: 12x12 m2
f.       Lab Media/komputer        luasnya: 9x8 m2
g.      Ruang Guru                      luasnya: 9x8 m2
h.      Ruang Kurikulum            luasnya: 3x4 m2
i.        Ruang Ketrampilan           luasnya: 9x10 m2
j.        Ruang Tata Usaha             luasnya: 7x8 m2
k.      UKS                                  luasnya : 4x3 m2
l.        BP                                     luasnya : 3x3 m2
m.    Ruang Penjaga                  luasnya : 4x7 m2
n.      Ruang Kepsek                   luasnya: 5.7x7 m2

Catatan :
·         Ruang guru pinjam ruang masjid di lantai 1
·         Sebagian ruang masih belum memenuhi standar baku

  1. Lapangan Olah Raga (jenis ukuran)
­­­____________________________________________________________
_______________________________________________________ ______________________________________________________




G.      Keadaan Lingkungan Sekolah
(Jelaskan lingkungan sekolah, yang meliputi : bangunan sekitar sekolah, masyarakat sekitar sekolah, masyarakat asal peserta didik, rata-rata jarak domisili siswa dengan sekolah, sarana transportasi ke sekolah, Komite sekolah, ada baiknya dilengkapi foto/video).
1.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah :
Perkampungan dan lahan usaha.
Depan              :
Belakang         :
Kanan              :
Kiri                  :
2.      Kondisi Lingkungan Sekolah :
Kondusif, tidak ada gangguan. Letak sekolah juga tidak jauh dari jalan raya sehingga memudahkan siswa untuk menggunakan transportasi umum.
  1. Lingkungan masyarakat sekolah
(Jelaskan lingkungan masyarakat sekolah, yang meliputi antara lain : Kondisi  sosial dan ekonomi masyarakat di lingkungan sekolah,  sosial  dan ekonomi orang tua siswa, jangkauan transportasi yang diperlukan oleh para siswa, dsb )
·         Saat ini kondisi  sosial dan ekonomi masyarakat di lingkungan sekolah SMP Muhammadiyah 08 Semarang adalah menengah keatas.
·         Sosial dan ekonomi orang tua siswa SMP Muhammadiyah 08 Semarang  rata-rata sudah memenuhi kriteria keluarga mampu, terbukti dari hasil wawancara kami terhadap beberapa siswa bahwa orang tua mereka adalah seorang guru dan memiliki kendaraan pribadi.
·         Jangkauan transportasi yang diperlukan oleh para siswa
Letak sekolahan cukup strategis sehingga mudah di jangkau oleh kendaraan umum (bus dan angkot) serta beberapa siswa diperbolehkan menggunakan kendaraan pribadi.

H.      Fasilitas Sekolah (tuliskan jenis, kuantitas dan kualitasnya)
1.    Perpustakaan               : ______________________________________
2.    Laboratonum               : ______________________________________
3.    Ruang BP                    : ______________________________________
4.    Ruang Serbaguna        : ______________________________________
5.    Ruang Tata Usaha       : ______________________________________
6.    Masjid                         : ______________________________________
7.    Kantin                         : ______________________________________
8.    Kamar Mandi              : ______________________________________
9.    Ruang Musik               : ______________________________________
10.dll





I.         Guru dan karyawan
(Uraikan keadaan guru, linieritas guru dengan mapel, kondisi sosial ekonomi para guru dan karyawan)
1.    Jumlah Guru dan karyawan    :
·         Guru                            : 19 orang Guru Tetap Yayasan + PNS DPK dan 8 orang Guru Tidak Tetap
·         Karyawan (Staff)        : 7 orang Staf/ Tata Usaha
2.    Jumlah Kelas                           : 15
3.    Jumlah Siswa per kelas           : 35 siswa, untuk kelas unggulan maksimal 20 siswa
4.    Jumlah siswa seluruhnya         : 496 siswa

J.         Kesiswaan
(Uraikan tatacara, prosedur, dan kriteria penerimaan peserta didik baru, serta kegiatan pengembangan/pembinaan siswa dsb.)
1.      Kriteria penerimaan siswa baru:
·         Menggunakan nilai ujian nasional dengan rata-rata nilai .
·         Memenuhi tes wawancara (mampu menjawab pertanyaan dan memberikan opininya dengan baik).
·         Tes tertulis (pada tahun ini tidak di terapkan).
2.      Kegiatan pengembangan siswa / kegiatan ekstra kurikuler
·         Rebana
·         HW (Hisbul Wathan)
·         Tapak Suci
·         BTA
·         Volly
·         Futsal
·         DLL
*catatan : ekstra kurikuler yg paling berkembang dan berprestasi adalah rebana dan tapak suci (tapak suci sering menjuarai POPDA sebagai juara 1).
3.      Kegiatan Pramuka, Karya Ilmiah siswa, dll
·         Di SMP Muhammadiyah 08 Semarang kegiatan pramuka di kenal dengan sebutan HW (Hisbul Wathan)  dan di laksanakan setiap hari jum’at sore.
·         Untuk karya ilmiah siswa di SMP Muhammadiyah 08 Semarang belum di adakan.
·         Pernah mengikuti Olimpiade Matematika di laksanakan di SMP SEMESTA Semarang.

I.     Karakteristik peserta didik
Uraikan karakteristik peserta didik usia SMP yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
·         Aspek Fisik :
Keadaan fisik peserta didik SMP Muhammadiyah 08 Semarang cukup beragam. Sebagian besar diantaranya memiliki keaadan fisik yang baik sehingga dapat mengikuti KBM dengan baik. Namun beberapa di antaranya ada yang memiliki kekurangan fisik (tubuhnya tidak berkembang) sehingga sedikit mengganggu kegiatan belajar yang berkaitan dengan olahraga. Meskipun demikian mereka tetap memiliki kecerdasan yang melebihi siswa yang lain.
·         Intelektual :
Keadaan fisik yang dimiliki siswa tidak terlalu berpengaruh pada kecerdasan intelektual para siswa. Terbukti dari beberapa siswa yang memiliki kekurangan baik fisik maupun mental justru mendapat nilai yang baik saat ujian daripada teman-teman yang lain dan masuk peringkat 5 besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan intelektual diantara para siswa di SMP Muhammadiyah 08 Semarang memiliki rata-rata kecerdasan intelektual yang cukup mumpuni.
·         Sosial-emosional-ekonomi :
Keadaan sosial-emosional siswa-siswi di SMP Muhammadiyah 08 Semarang tidak ada kesenjangan sosial diantara siswa yang satu dengan yang lain. Selayaknya siswa SMP mereka masih membawa  semasa SDnya yaitu sifat labil, kekanak-kanakan, masih sering bertengkar dan sulit mengendalikan emosi. 
·         Moral dan Spiritual :
Keaadaan Moral dan Spiritual siswa dengan siswa sangat baik, saling mengucapkan salam dan menjaga nilai-nilai keagamaan. Juga  antara siswa dengan guru sangat baik, siswa mencium tangan guru ketika pagi, saling megucapkan salam sesuai dengan visi SMP yaitu menjadikan siswa-siswi yang berakhlak mulia. Lalu dari segi spiritual siswanya sangat bagus. Mereka di wajibkan untuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah dan tadarus sebelum memulai KBM.
·         latar belakang sosial-budaya



J.         Tata Tertib
1.    Untuk siswa                :
2.    Untuk guru                  : ______________________________________
3.    Untuk karyawan         : ___________________________________

K.      Kesan Umum
(Tulis kesan umum Anda terhadap sekolah yang anda amati)
SMP Muhammadiyah 08 Semarang adalah sekolah yang mengutamakan aspek religiusnya, terbukti dengan dengan adanya visi dan misi nya, yaitu Visi : Taat beribadah, berakhlaq mulia, unggul ilmu, dan terampil. Misi : Menyelenggarakan Pendidikan yang berorientasi pada tercapainya visi pendidikan Muhammadiyah dengan : Memberikan pendidikan Agama Islam Sebanyak 7 jam perminggu (Religius). Mengajar Ilmu Pengetahuan dan teknologi dasar sesuai jenjang pendidikan SMP. Memberikan keterampilan dasar sebagai bekal hidup mandiri (kreatif). Memberi Pendidikan Kemuhammadiyahan sebagai mata pelajaran ciri khusus. Memberi pendidikan kemuhammadiyahan sebagai mata pelajaran ciri khusus perguruan Muhammadiyah (Peduli Sosial).
_____________________________________________________________ ___________________________________________________________ ________________________________________________________________________________________________________________________  __________________________________________________________

Mengetahui,
Kepala Sekolah



NIP/NIY.

Mahasiswa,



NPM.












K.      Keadaan Lingkungan Sekolah
4.      Jenis bangunan yang mengelilingi sekolah :
Depan              : SMK 4 Semarang
Kanan              : Kantor koran Wawasan
Kiri                  : SMK 7 Semarang
Belakang         : Gedung gerai Indosat
5.      Kondisi Lingkungan Sekolah
Kondisi lingkungan sekolah merupakan lingkungan belajar yang kondusif, karena juga berdekatan dengan sekolah lain, sekolah berada dipusat kota sehingga memudahkan akses kesekolah.
  1. Lingkungan masyarakat sekolah.
Kondisi masyarakat sekitar sekolah merupakan masyarakat golongan menengah ke atas karena lokasi sekolah yang berada di daerah pusat Kota Semarang.
Rata-rata siswa SMK N 8 berasal dari golongan menengah ke bawah. Siswa yang berasal dari keluarga miskin mencapai 25 % dan menyertakan surat keterangan tidak mampu pada saat pendaftaran.
Rata-rata siswa berasal dari daerah sekitar Semarang, dengan jarak tempuh kesekolah 3-5 km. Namun ada beberapa siswa yang berasal dari luar kota Semarang seperti  daerah Ngaliyan, Mijen, dan Mranggen. Jangkauan transportasi yang saat ini digunakan siswa adalah sepeda motor dan kendaraan umum.
L.       Fasilitas Sekolah (tuliskan jenis, kuantitas dan kualitasnya)
11.Perpustakaan              
Koordinator perpustakaan      : Mustafit, S.Pd
Pengadaan dan pengolahan    : Mustafit, S.Pd dan Fr. Ayuwidyati
Pustakawan                             : Fr. Ayuwidyati
Masyarakat yang dilayani       : Siswa, guru, karyawan
Didalam perpustakaan terdapat 12 meja, 13 kursi baca siswa, 2 meja petugas, 4 kursi lainnya, rak penitipan tas, 2 AC, 1 TV, dan proyektor.
Jadwal kunjung                       : 07:00 – 15:15 WIB
Koleksi bahan pustaka:
a.       Karya umum         : 802 buku
b.      Filsafat                  : 200 buku
c.       Agama                   : 809 buku
d.      Ilmu sosial             : 1421 buku
e.       Bahasa                   : 2066 buku
f.       Ilmu Murni            : 2326 buku
g.      Ilmu Terapan         : 596 buku
h.      Kesenian               : 381 buku
i.        Kesusasteraan       : 1004 buku
j.        Sejarah                  : 903 buku
Jumlah                   : 13416 buku
12.Laboratorium             
a.       IPA                       : berjumlah satu, luasnya 65 m2,kualitas baik
b.      Komputer              : berjumlah 5 , luas total 325 m2
c.       PekSos                  : 1 buah, dengan luas 42 m2
d.      Multimedia            : 1 buah,
13.Ruang BP       
Terdapat satu ruang BP dengan luas 60m2 , fasilitas didalamnya adalah meja, kuesi tamu, kipas angin, 3 kursi gird an satu unit komputer. 
Pengurus ruang BP Koordinator         : Pak Handoyo.
Guru kelas 10                                      : Pak Handoyo
Guru kelas 11 dan 12                          : Bu Mulyati
14.Ruang Serbaguna        : 1 buah,  luas 244 m2,
15.                       Ruang Tata Usaha       : 1 buah luasnya 70 m2,
16.UKS                            : 1 buah luas 5
17.Toilet
WC Guru                                            L: 1                  luasnya: 3        m2
P: 1                  luasnya: 3        m2
WC siswa                                            L: 8                  luasnya: 24      m2
P: 8                  luasnya: 24      m2
M.     Guru dan karyawan
5.    Jumlah Guru dan karyawan    :
Guru                                        : 50 guru PNS, 16 guru tidak tetap
Karyawan                                : 2 karyawan PNS, 20 karyawan non PNS
6.    Jumlah Kelas                           : 23
7.    Jumlah Siswa per kelas           : 36 siswa
8.    Jumlah siswa seluruhnya         : 1129 siswa
Guru-guru SMK Negeri Semarang mengajar sesuai dengan kualifikasinya masing, namun jumlah guru dirasa masih kurang untuk memenuhi proses belajar siswa, terbukti masih adanya dua kelas yang melaksanakan pembelajaran bersamaan dengan dipandu satu guru. Untuk guru yang tidak tetap, sekolah masih mengusakan untuk mengangkatnya menjadi guru tetap.
Kondisi sosial ekonomi para guru rata-rata adalah menengah keatas dengan kata lain sudah cukup sejahtera, karena sudah menjadi PNS dan yang belum menjadi PNS juga sudah mendapatkan sertifikasi.
Sedangkan untuk karyawan rata-rata kondisi sosial ekonominya adalah menengah kebawah, karena banyaknya karyawan non PNS yang jumlahnya mencapai 20 orang dari 22 karyawan yang ada.
N.      Kesiswaan
4.      Kriteria penerimaan siswa baru
Tata cara :
a.       Calon Peserta Didik mendaftar online di website SMK Negeri 8 Semarang yaitu http://smkn8semarang.sch.id/ kemudian Cetak bukti pendaftaran
b.      Calon Peserta Didik menyerahkan Bukti cetak pendaftaran beserta syarat pendaftaran  ke sekretariat pendaftaran SMK Negeri 8 Semarang, Jl. Pandanaran II / 12 Semarang.
c.       Seleksi awal berupa Test Kesehatan dan Test Fisik
d.      Test Wawancara meliputi(sikap, kepribadian, dan nilai rapor sikap)
e.       Test Kemampuan Keterampilan
f.       Verivikasi Data
g.      Print out kartu pendaftaran dan nomor pendaftaran
h.      Berkas diserahan ke Dinas Pendidikan untuk di olah
i.        Menunggu hasil pengumuman dari Dinas Pendidikan
j.        Daftar ulang
Dengan kriteria sebagai berikut:
v  Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Teknik Jaringan Komputer
a)      Tinggi badan minimal (Laki-laki 155 cm), (perempuan 150 cm).
b)      Tidak bertato, tidak bertindik dan tidak buta warna (total atau parsial)  yang dinyatakan oleh dokter pemerintah yang di tunjuk.
c)      Tidak memiliki cacat fisik dan mental.
v  Program Keahlian Pekerjaan Sosial
a)      Tinggi badan minimal (Laki-laki 155 cm), (perempuan 150 cm).
b)      Tidak bertato, tidak bertindik dan tidak buta warna (total atau parsial) yang dinyatakan oleh dokter pemerintah yang di tunjuk. 
c)      Tidak memiliki cacat fisik dan mental
5.      Kegiatan pengembangan siswa / kegiatan ekstra kurikuler
Kualitas tamatan sekolah kejuruan dituntut untuk memenuhi standar kompetensi dunia kerja. Salah satunya, selain mampu menguasai materi pelajaran, siswa harus dapat berinteraksi dan aktif dalam hubungan sosial.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu alat pengenalan siswa pada hubungan sosial. Di dalamnya terdapat pendidikan pengenalan diri dan pengembangan kemampuan selain pemahaman materi pelajaran.
Berangkat dari pemikiran tersebut, di SMK Negeri 8 Semarang diselenggarakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.
Selain OSIS sebagai induk kegiatan ektrakurikuler di sekolah, kegiatan ektrakurikuler lainnya adalah:
1.      Pramuka
2.      PMR ,
3.      Rebana,
4.      Musik
5.      Paskibra,
6.      Seni Karawitan dan Tari,
7.      Bola Voli
8.      Pencak Silat
9.      Web Programing
10.  Animasi
11.  Keputrian
6.      Kegiatan Pramuka, Karya Ilmiah siswa, dll
a.       Pramuka
Merupakan ekstra kulikuler yang wajib di ikuti oleh semua siswa SMK Negeri 8 Semarang yang dilakukan setiap hari jumat.
b.      Karya Ilmiah Siswa
Setiap tahunnya pasti ada siswa yang membuat atau menghasilkan karya tulis ilmiah . namun tidak ada ekstra kulikulernya. untuk guru pembimbingnya pihak sekolah sudah menyediakan, namun sering terjadi kendala dalam pelaksanaannya yaitu mengenai pendanaan. Dengan dana yang cukup kecil guru dan siswa harus mampu memaksimalkan dana tersebut untuk pembiayaan dalam pembuatan karya tulis ilmiah yang terkadang menghabiskan biaya yang tidak sedikit.


I.     Karakteristik peserta didik
Karakteristik Peserta didik di SMK N 8 Semarang
ü  FISIK : siswa SMK N 8 Semarang memiliki fisik yang sehat, memiliki tinggi badan minimal ; Putra = 155 cm ; Putri = 150 cm
ü  Intelaktual : siswa SMK N  8 Semarang memiliki intelektual yang telah diseleksi ketika pendaftaran siswa baru yang diperoleh dari nilai Ujian nasional
ü  Sosial–emosional :  siswa SMK N 8 Semarang memiliki sosial yang tinggi namun masih memiliki kelabilan dalam emosional
ü  Spiritual : siswa SMK N 8 semarang memeiliki spiritual yang cukup baik dilihat dari tersedianya tempat ibadah yang cukup memadai.
ü  Latar belakang : siswa SMK N 8 Semarang berasal dari  kalangan menengah kebawah , prosentase kalangan miskin 7,25% dibuktikan denagan banyaknya siswa yang mengajukan SKTM
ü  Sosial-Budaya : siswa SMK N 8 Semaranag kebanyakan berasal dari daerah semarang dan sekitarnya, dan memiliki budaya yang baragam.
L.       Tata Tertib

TATA TERTIB SISWA
SMK NEGERI 8 SEMARANG
A.    TUGAS DAN KEWAJIBAN SISWA
1.             Siswa wajib datang maksimal 5 menit sebelum pelajaran dimulai jam 07.00
2.             Siswa yang datang terlambat lebih dari 10 menit tidak diperbolehkan masuk kelas
3.             Siswa berdo’a bersama pada awal dan akhir pelajaran
4.             Siswa yang meinggalkan sekolah karena sesuatu hal yang wajib, wajib lapor kepada bapak/ibu guru piket
5.             Siswa yang berhalangan hadir wajib menyampaikan surat izin ke sekolah
6.             Siswa wajib berpakaian sesuai dengan ketentuan disekolah yaitu:
a)      Hari Senin-Kamis    : seragam blus / kemeja warna putih dan rok/celanawarna abu-abu putih serta mengenakan atribut SMK N    8 Semarang, ikat pinggang ukuran 3cm warna hitam, kaos kaki 10cm dibawah lutut warna putih.
b)      Hari Jumat               : seragam pramuka ( sepatu hitam, kaos kaki 10cm dibawah lutut warna hitam).
c)      Hari Sabtu                : seragam kejuruan (sepatu dan kaos kaki warna bebas)
d)     Kelas PLH mengenakan seragam olahraga sekolah
7.             Siswa putri dilarang memakai perhiasan / aksesoris yang berlebihan
8.             Semua siswa wajib menjadi anggota OSIS dengan segala kegiatannya
9.             Siswa yang sedang tidak melaksanakan tugas Prakerin wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya masing-masing.
10.         Semua siswa wajib mengatur kebersihan da keindahan baik didalam maupun diluar kelas
11.         Semua siswa wajib ikut memelihara sarana dan prasarana serta perpustakaan sekolah
12.         Semua siswa wajib mengikuti upacara bendera dengan tertib di sekolah
13.         Semua siswa wajib melaksanakan kegiatan 7K / PLH
14.         Semua siswa wajib berusaha meningkatkan prestasi belajar secara optimal demi peningkatan sumber daya manusia
15.         Semua siswa wajib menjaga hubungan yang sopan dengan semua guru dan karyawan
16.         Semua siswa wajib menjaga nama baik sekolah, dimanapun berada.
17.         Siswa wajib lapor pada guru / kepala sekolah apabila melihat keadaan atau perbuatan yang dapat mengganggu atau merugikan sekolah.
18.         Siswa pulang bersama –sama sesuai waktu yang bersangkutan

B.     SISWA DILARANG
1.      Membawa, memakai, mengedarkan rokok, minuman keras atau obat terlarang lainnya.
2.      Membawa, membaca buku / barang porno
3.      Melakukan hal-hal yang dapat mencemarkan nama baik diri sendiri maupun nama baik sekolah
4.      Berambut gondrong dan atau memakai perhiasan / aksesoris wanita (bagi siswa pria)
5.      Membawa senjata tajam
6.      Keluar sekolah tanpa izin sebelum jam KBM selesai
7.      Bertengkar atau berkelahi
8.      Mengaktifkan HP pada saat KBM berlangsung
C.    SANKSI PELANGGARAN
1.      Peringatan secara lisan kepada siswa yang melakukan pelanggaran maksimal 3 kali
2.      Peringatan tertulis dengan tembusan kepada orangtua/wali
3.      Disekors selama 1 minggu
4.      Dikeluarkan / dikembalikan kepada kepada orang/ wali
D.    PENGHARGAAN
1.      Penghargaan diberikan kepada siswa yang berprestasi di Bidang lomba:
a.       Juara I Tingkat propinsi bebas SPP 3 bulan
b.      Juara I Tingkat Nasional bebas SPP 4 bulan
2.      Penghargaan diberikan kepada siswa dengan peringkat terbaik Ujian Nasional
Hal-hal yang belum termuat dalam tata tertib ini akan diatur kemudian.
TATA TERTIB GURU
SMK NEGERI 8 SEMARANG
1.      Guru sebagai PNS wajib mentaati UU No.30 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian
2.      Setiap guru adalah pengajar/pendidik sekaligus pembimbing berkewajiban mematuhi peraturan-peraturan dan menyesuaiakan diri dengan situasi dan kondisi setempat serta selalu menjaga nama baik sekolah
3.      Dalam menunaikan tugas sebagai Guru harus tetap bersikap dan berbuat sesuai dengan kode etik jabatan Guru
4.      Guru yang bertugas mengajar, hadir disekolah selambat-lambatnya 10menit sebelum jam pertama dimulai.
5.      Guru yang bertugas jam pertama dan terakhir membimbing dan mengawasi pelaksanaan siswa berdo’a.
6.      Pada tiap bergantian jam pelajaran, guru yang bertugas supaya segera masuk kelas yang bersangkutan
7.      Guru piket harus sudah siap disekolah 15menit sebelum jam pertamahingga5menit setelah KBM selesai/usai.
8.      Guru hendaknya bersikap terbuka dan demokratis dalam hubungan dengan atasannya dan sanggup menempatkan dirinya dengan hierarki kepegawaian.
9.      Setiap guru berkewajiban untuk berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan sekolah meliputi: upacara, senam, dan kegiatan lainnya.
10.  Setiap guru wajib bertanggungjawab didalam menjaga dan memelihara ketertiban,kebersihan kelas, keindahan, keamanan, kerindangan, kekeluargaan sekolah(7K)
11.  Pada waktu dinas, guru supaya berpakaian sesuai dengan kode etik jabatan guru:
Dengan jadwal sebagai berikut:
a.       Senin                           :Linmas / Seragam Hansip
b.      Selasa dan Rabu          :Seragam Batik Dinas (PDH) yaitu Kheki
c.       Kamis dan Jumat        :Batik
d.      Sabtu                           :Pakain Sipil Harian (PHS)
e.       Setiap tanggal 17        :Seragam KORPRI
12.  Guru dilarang memulangkan siswa tanpa seizin Kepala Sekolah sebelum jam pelajaran berakhir
13.  Guru melakukan monitoring ke DUDI menggunakan jam kelompok DUDI atau jam kosong dan melapor ke Waka humas Pokja Prakerin mengenai hasil monitoring
14.  Guru yang berhalangan hadir wajib membuat surat izin kepada Kepala Sekolah.
15.  Guru dilarang mengajar disekolah /dinas/ jawatan/ lembaga pendidikan lain kecuali dengan izin Kepala Sekolah.
16.  Guru dilarang merokok pada waktu mengajar.
17.  Guru dilarang membawa alat / inventaris sekolah tanpa seizin Kepala Sekolah
18.  Peraturan tata tertib lain yang belum tercantum akan ditentukan kemudian diatur dengan instruksi Kepala Sekolah
19.  Guru yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa:
a.       Mendapat peringatan secara lisan
b.      Mendapat peringatan secara tertulis
c.       Penundaan kenaikan pangkat, dst.
TATA TERTIB KARYAWAN
SMK NEGERI SEMARANG
1.      Karyawan sebagai PNS wajib mentaati UU no. 30 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian
2.      Setiap karyawan berkewajiban mematuhi peratuhan-peratuhan dan menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi setempat serta selalu menjaga nama baik sekolah
3.      Dalam menunaikan tugas sebagai karyawan harus tetap bersikap dan berbuat sesuai dengan kode etik jabatan pegawai
4.      Karyawan piket harus sudah siap disekolah 15menit sebelum jam pertama hingga 5menit setelah KBM selesai/usai
5.      Karyawan hendaknya bersikap terbuka dan demokratis dalam hubungan dengan atasannya dan sanggup menempatkan dirinya dengan hierarki kepegawaian
6.      Setiap karyawan berkewajiban untuk berpartisipasi aktif mengikuti kegiatan sekolah meliputi: upacara, senam, dan kegiatan lainnya
7.      Setiap karyawan wajib ikut bertanggungjawab didalam menjaga dan memelihara ketertiban, kebersihan kelas, keindahan, keamanan, kerindangan, dan kekeluargaan sekolah (7K)
8.      Pada waktu dinas, karyawan supaya berpakaian sesuai dengan kode etik pegawai dengan seragam sebagai berikut:
a.       Senin                     : Linmas/Seragam Hansip
b.      Selasa dan Rabu    : Seragam Pakaian Dinas Harian (PDH) yaitu Kheki
c.       Kamis dan Jumat  : Batik
d.      Sabtu                     : Seragam Sipil Harian
e.       Setiap tanggal 17  : seragam KORPRI
9.      Setiap karyawan wajib berpartisipasi aktif dalam upacara, senam, dan kagiatan lainnya
10.  Karyawan yang berhalangan hadir supaya membuat surat izin kepada Kepala Sekolah.
11.  Karyawan dilarang membawa alat / inventaris sekolah tanpa seizin Kepala Sekolah
12.  Peraturan tata tertib lain yang belum tercantum akan ditentukan kemudian diatur dengan instruksi Kepala Sekolah
13.  Karyawan yang melanggar tata tertib akan dikenakan sanksi berupa;
a.       Mendapat peringatan secara lisan
b.      Mendapat peringatan secara tertulis
c.       Penundaan kenaikan pangkat, dst.
M.     Kesan Umum
Tulis kesan umum Anda terhadap sekolah yang anda amati
-          Adanya keramahan dan rasa kekeluargaan dari guru dan para siswa yang selalu bertegur sapa antar siswa, siswa dengan guru bahkan dengan tamu.
-          Lahan sempit dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh pihak sekolah, seperti taman sederhana di setiap tepian gedung untuk menciptakan suasana yang asri.
-          Adanya pemanfaat ruang kosong bagi rombel yang mendapatkan giliran untuk mobile class, dan dijalankan oleh murid dengan sebaik-baiknya.
-          Seraram siswa sama seperti pada seragam SMA pad umumnya, tetapi pada saat jam pelajaran kejuruan, ada seragam khusus yang berbeda antar jurusan
Mengetahui,
Guru Pembimbing Magang 1



Drs. H.Purwono
NIP/NIY.19580416 198603 1011

Perwakilan Mahasiswa,



Ahmad Kharis Ainun Naim
NPM. 13317007
OBSERVASI 2

Nama Sekolah yang Diamati           : SMK NEGERI 8 Semarang
Tanggal Pengamatan                        : 19-20 November 2014

A.      Interaksi Sosial
1.    Hubungan guru-guru                           :
Interaksi antara guru berlangsung secara harmonis dan saling menghormati serta menghargai antara yang muda dengan yang lebih tua
2.    Hubungan guru-siswa                         :
Hubungan yang terjalin antara guru dan murid terjalin harmonis. Ada guru yang mengistimewakan beberapa siswa yang pandai, namun hal itu masih
3.      Hubungan siswa-siswa                        :
Interaksi siswa didalam lingkungan sekolah terjalin sangat harmonis. Ada beberapa siswa yang bersifat mengekelompok (geng-gengan), namun komunikasi diantara mereka tetap terjalin dengan baik.
4.    Hubungan guru-pegawai tata usaha    :
Interaksi yang terjalin baik karena masing-masing individu saling melengkapi dalam proses berlangsungnya administrasi sekolah.
5.    Hubungan sosial secara keseluruhan   :
Secara keseluruhan interaksi yang terjalin di SMK Negeri 8 Semarang sangat baik.Karena peran kepala sekolah sebagai pemimpin yang mampu memotivasi semua warga sekolah untuk selalu mencontohkan perbuatan yang baik melalui kebersamaan, ketertiban dan kedisiplinan.

B.       Sikap guru:
ü  Sikap guru bersikap inklusif, karena para guru dapat memahami dan memperlakukan hal-hal khusus yang terjadi didalam lingkungan sekolah.
ü  Sikap guru bersikap objektif karena sikap ini ditunjukan oleh guru SMK Negeri 8 Semarang dalam memahami materi dan ketentuan, serta fakta yang dapat diterima oleh akal sehat mengenai keadaan yang sebenarnya ketika dalam proses belajar mengajar.
ü  Sikap guru tidak diskriminatif, menurut pengamatan kami di SMK , Negeri 8 Semarang tidak ada sikap yang menunjukkan perbuatan sikap tidak adil antara perlakuan guru terhadap salah satu guru lainnya dan siswa terhadap siswa lainnya. Hal ini karena agar tidak terjadinya kesalahpahaman dan tidak adanya perbedaan status social dan agama. Memang ada salah satu guru yang mengistimewakan siswa yang lebih pintar, namun itu masih dalam batas yang wajar.

Mengetahui,
Guru Pembimbing Magang 1



Drs. H.Purwono
NIP/NIY.19580416 198603 1011

Perwakilan Mahasiswa,



Ahmad Kharis Ainun Naim
NPM. 13317007







LEMBAR OBSERVASI 3a
1.      Kelas/ Mata Pelajaran : 12 TKJ/ Fisika
2.      Nama Guru Mapel      : Drs. H. Purwono
3.      Tanggal Pengamatan   : 19 November 2014
A.    Proses Pembelajaran di Kelas
  1. Siswa menempati tempat duduknya masing-masing (Siswa menempatkan diri dengan teratur dan rapi).
  2. Kesiapan siswa menerima pembelajaran (Siswa sangat siap, terbukti dengan sudah disiapkannya layar LCD dan bangku tertata rapi).
  3. Mendengarkan secara seksama saat dijelaskan kompetensi yang hendak dicapai (Saat guru menyampaikan kompetensi siswa memperhatikan dengan baik).
  4. Memperhatikan dengan serius ketika dijelaskan kegiatan yang harus dilakukan (Siswa memperhatikan dengan baik pembagian tugas yang diberikan oleh guru).
  5. Ada interaksi positif antara siswa-guru, siswa-materi pelajaran, dan antar siswa (Antara siswa dan guru terjalin dengan baik, siswa akan berupaya mencari penjelasan tentang materi yang didapatnya dari internet atau buku).
  6. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan mengamati dan bertanya (Metode diskusi membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran).
  7. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan mencoba (Hanya ada sesi pemaparan/presentasi saja pada hari itu).
  8. Siswa aktif mencatat berbagai penjelasan yang diberikan (Tidak semua siswa aktif mencatat karena semua materi pemapar sudah dibagikan juga kekelompok yang lain).
  9. Siswa termotivasi dalam mengikuti proses pembelajaran (Materi selalu dihubungkan dengan situasi/keadaan nyata oleh guru).
  10. Siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dengan tenang dan tidak merasa tertekan (Pembelajaran berlangsung tenang, tetapi cada pemapar kurang menarik dalam menyampaikan materi).
  11. Siswa merasa senang menerima pelajaran (Ada siswa yang senang , ada juga yang merasa bosan bahkan mengantuk).
  12. Ada interaksi positif antara siswa dan media pembelajaran yang digunakan guru (Siswa akan memperhatikan jika tampilan slide disajikan dengan kreatif dan menarik).
  13. Siswa tertarik pada materi yang disajikan dengan media pembelajaran (Siswa tertarik pada penyajian-penyajian gambar).
  14. Siswa tampak tekun mempelajari sumber belajar yang ditentukan guru (Sumber belajar yaitu internet membuat siswa terasah kemampuannya untuk mengeksplor dan membaca berbagai sumber).
  15. Siswa merasa terbimbing (Guru akan mengarahkan siswa sesuai materi yang didapatnya, dan guru menjawab kesulitan siswa).
  16. Siswa mampu menjawab pertanyaan yang diajukan guru (Ada siswa yang tidak bisa menjawab karena sedang memperhatikan).
  17. Siswa mampu mengemukakan pendapatnya dengan lancar (Metode presentasi kepercayaan diri siswa terlatih sehingga dapat mengungkapkan pendapatnya dengan lancar).
  18. Siswa mampu mengajukan pertanyaan dengan lugas dan tepat(Beberapa siswa terlihat mengajukan pertanyaan kepada pemapar jika ada yang tidak dimengerti).
  19. Siswa secara aktif merangkum (Kebanyakan siswa hanya mengkopi file dari kelompok pemapar dan hanya membuka dilaptop masing-masing).
  20. Siswa menerima tugas tindaklanjut dengan senang (Setelah pelajaran selesai ada tugas tambahan untuk mencari 4 soal tentang materi dan siswa menerima tugas dengan baik).
Mengetahui,
Guru Pembimbing Magang 1


Drs. H.Purwono
NIP/NIY. 19580416 198603 1011

Perwakilan Mahasiswa,



Ahmad Kharis Ainun Naim
NPM. 13317007
OBSERVASI 3b

1.      Tempat Praktik                        : Ruang Kelas 11
2.      Kelas/ Mata Pelajaran             : XII PS/ KKPI
3.      Nama Guru Mapel                  : Sri Budi Rahayu, S.Pd.
4.      Waktu/ Tanggal                       : 07.30-09.30/ 19 November 2014


B.     Proses Pembelajaran di Kelas
Langkah-langkah kegiatan yang dilakukan guru selama pembelajaran
Kegiatan yang dilakukan peserta didik selama pembelajaran (yang disesuaikan dengan langkah kegiatan guru)
Hal-hal penting yang menjadi catatan untuk guru dan peserta didik selama pembelajaran berlangsung
1. Guru masuk tepat waktu
1. Siswa duduk di bangku masing-masing
1. Besrsikap sopan santun
2. Guru dan Siswa adanya kerjasama satu sama lain
3. Adanya penekanan yang wajib dipahami oleh siswa seperti : MS.Office
4. Setelah pembelajaran selesai, siswa paham dengan materi yang telah diberikan oleh guru








2. Guru memberikan salam
2. Siswa memabalas/menjawab salam dari guru
3. Guru menyuruh ketua kelas memimpin doa
3. Siswa berdoa dipimpin oleh ketua kelas dengan khusyu’
4. Guru mengingatkan kebersihan kelas dan kerapian
4. Siswa merespon perintah guru untuk membersihkan kelas atau merapikan seragam
5. Guru mengecek kehadiran siswa
5. Siswa memperhatikan guru saat mempresensi
6. Guru memulai pembelajaran dengan cara menyuruh siswa menyiapkan buku-buku pelajaran
6. Siswa menyiapkan buku dan perlengkapan pembelajaran
7. Guru menyampaikan materi dengan ceramah dan melihat referensi dari buku-buku
7. Siswa mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru sambil membuka buku referensi yang ada

8. Guru memberikan soal latihan mengenai materi yang telah dipelajari

8. Siswa berusaha mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru dengan baik
9. Guru melakukan pembahasan terhadap soal latihan yang telah diberikan
9. Siswa mengamati guru dalam pembahasan soal latihan oleh guru
10. Guru menyuruh siswa mempraktikkan teori yang telah dipelajari
10. Siswa mempraktikkan teori yang dipelajari dengan dibimbing oleh guru
11. Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi
11. Siswa membentuk kelompok dan melakukan diskusi materi
12.Guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi
12. Siswa secara berkelompok mempresentasikan hasil belajar mereka
13. Guru menyuruh siswa untuk menanggapi hasil presentasi
13. Siswa mengajukan pertanyaan dengan mengomentari hasil presentasi kelompok lain
14. Guru memberikan evaluasi terhadap pembelajaran dan memberikan tugas rumah atau PR
14. Siswa menanyakan kembali materi yag belum dipahami dan juga mancatat tugas / PR yang diberikan oleh guru
15. Guru biasanya (guru tertentu) memberikan cerita inspirasi untuk memotivasi siswa
15. Siswa mendengarkan dan menghayati cerita dari sang guru
16. Guru menutup proses pembelajaran dengan salam daan keluar kelas.
16. Siswa terlihat senang sambil menjawab salam dari guru

               
Mengetahui,
Guru Pembimbing Magang 1



Drs. H.Purwono
NIP/NIY. 19580416 198603 1011

Perwakilan Mahasiswa,



Ahmad Kharis Ainun Naim
NPM. 13317007





BAB III
HAMBATAN DAN PEMECAHANNYA
Dalam pelaksanaan Magang 1 ini tidak selancar yang seperti kami harapkan, bukan hanya dalam pelaksanaan Magang 1 saja kami menemui hambatan-hambatan, namun dalam penyusunan laporan Magang 1 ini kami juga menemui beberapa hambatan. Berikut ini hambatan-hambatan yang kami hadapi dan upaya dalam menyelesaikannya. Diantaranya:
1.      Kurangnya Koordinasi kelompok
Hal ini dapat kami selesaikan dengan upaya yaitu memberitahu dengan menyebarkan info ke setiap anggota kelompok tentang agenda atau acara apa saja yang akan kita kerjakan mengenai magang 1 nantinya.
2.      Kurangnya Kekompakan Kelompok
Hambatan ini dapat kami selesaikan dengan berkumpul dan mengerjakan laporan magang secara bersama-sama supaya terciptanya kekompokan kelompok.
3.      Terbatasnya Waktu Magang 1
Karena sekolah tempat kami magang sedang ada ulangan akhir semester jadi waktu kami magang menjadi berkurang terutama di observasi yang ke 3.
Hal ini kami selesaikan dengan menggabungkan observasi ke 3 dengan observasi ke 2 dan menyelesaikannya di waktu observasi ke 2 sebelum di adakannya ulangan akhir semester.
4.      Sulitnya menemui Narasumber
Hal ini kami selesaikan dengan mencoba mencari narasumber lain yang kurang lebih mengetahui dan paham tentang apa yang akan kami observasi.






BAB IV
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Berdasarkan  hasil observasi magang 1 dapat kami simpulkan bahwa SMK  Negeri 8 Semarang  memiliki Visi, Misi dan Tujuan yang sesuai sebagai sekolah yang berbasis kejuruan, serta menerapkan Kurikulum sesuai dengan Standar Pendidikan dan karakter sekolah sehingga menghasilkan lulusan yang berpotensi baik dan unggul. Dari segi fisik sekolah, SMK Negeri 8 Semarang memiliki gedung dan fasilitas yang memadai dan layak sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar. Letak sekolah yang berada di pusat kota mudah untuk dijangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum, keadaan lingkungan di sekitarnya pun sangat kondusif .Selain itu hubungan antara warga sekolah sangat baik dan harmonis,baik itu dalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Pembelajaran dalam kelas pun cukup baik seperti sekolah-sekolah pada umumnya. SMK Negeri 8 Semarang juga memiliki sejumlah prestasi yang diraih dalam berbagai kejuaraan baik ditingkat provinsi maupun tingkat nasional.

B.       SARAN
Saran yang dapat kami sampaikan kepada pihak sekolah adalah sebagai berikut:
1.      Untuk meningkatkan kualitas sekolah alangkah lebih baiknya jika bangunan sekolah yang sudah lama direnovasi kembali
2.      Fasilitas penunjang seperti alat-alat perlengkapan laboratorium juga lebih baik dilengkapi.
3.      Lebih meningkatkan prestasi dalam hal ilmu pengetahuan.
Demikian beberapa saran yang dapat kami sampaikan, dalam penulisan laporan Magang 1 ini masih sangat sederhana dan banyak kekuranganya, maka dari itu kami sangat menharapkan saran dan kritik dari pembaca guna menyempurnakan laporan Magang 1 ini menjadi lebih baik lagi.








Lampiran




REFLEKSI




DOKUMENTASI

Nama Sekolah dan profil sekolah

Aula
Parkiran

Halaman / Lapangan
Ruang Guru



Ruang Bk
Perpustakaan

Ruang Kelas
musholla

Lab. Komputer
Lab. Ipa



Kantin
Kewirausahaan osis

Ruang Anak Taman Sejahtera
wawancara

wawancara

Komentar

Postingan Populer