KETENTUAN MAGANG KEPENDIDIKAN UPGRIS
KETENTUAN MAGANG KEPENDIDIKAN
UPGRIS
1.
Seiring
dengan kebijakan pendidikan nasional yang telah merekomendasikan program magang
sebagai bagian dari kurikulum LPTK di Indonesia, maka Universitas PGRI Semarang
telah merancang dan menetapkan program magang sebagai bagian integral kurikulum
yang dilaksanakan secara berjenjang, yaitu Magang I, Magang II, dan Magang III.
2.
Program
Magang BUKAN PPL. Magang untuk mahasiswa S-1, sedangkan
PPL untuk peserta Program Profesi yakni PPG (Pendidikan Profesi Guru).
3.
Magang
I dilaksanakan selama 6-10 hari kerja, Magang II selama 6
– 10 hari kerja, Magang III selama1 bulan, dibuktikan dengan daftar kegiatan harian
mahasiswa di lokasi magang yang di isi setiap hari;
4.
Selamamagang
mahasiswa mendapatkan bimbingan dari guru, dosen pembimbing dan kepala sekolah.
5.
Tujuan
Program Magang
a.Tujuan umum
Tujuan
umum program magang adalah member bekal mahasiswa calon guru agar memiliki seperangkat
pengetahuan, sikap dan keterampilan sehingga dapat menunjang tercapainya penguasaan
kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional secara utuh.
b.
Tujuan khusus
Program
Magang I bertujuan membangun landasan jatidiri pendidik dan memantapkan kompetensi
akademik kependidikan melalui:
1)
Pengamatan
langsung kultur sekolah;
2)
Pengamatan
untuk membangun kompetensi dasar pedagogik, kepribadian, dan sosial;
3)
Pengamatan
untuk memperkuat pemahaman peserta didik;
4)
Pengamatan
langsung proses pembelajaran di kelas; dan
5)
Refleksi
hasil pengamatan proses pembelajaran.
Program
Magang II bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannya dengan
kompetensi akademik bidang studi dan menetapkan kemampuan awal calon guru dalam
mengembangkan perangkat pembelajaran melalui:
1)
Penelaahan
kurikulum dan perangkat pembelajaran yang digunakan guru;
2)
Penelaahan
strategi pembelajaran;
3)
Penelaahan
sistem evaluasi;
4)
perancangan
RPP;
5)
pengembangan
media pembelajaran;
6)
pengembangan
bahan ajar; dan
7)
pengembangan
perangkat evaluasi.
Program
Magang III bertujuan memberikan pengalaman awal calon guru. Magang III juga bertujuan
menyiapkan kemampuan awal calon pendidik dengan mengalami langsung mengajar pada
bidang-bidang tertentu dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”,
misalnya: mencoba mengajar dengan bimbingan melekat Guru Pembimbing Magang dan dosen
pembimbing magang, dengan tujuan mengalami langsung proses pembelajaran,
pemantapan jati diri pendidik, dan bukan untuk keterampilan pembelajaran seperti
yang terdapat pada PPL.
Semarang,
15 Agustus 2015
Kepala
Pusat Kurikulum, PBM dan PPL
Drs.Wiyaka,
M.Pd
NIP
196412261990031002
Komentar