RPP CONGRATULATION SMK

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah           : SMK Negeri 2 Kendal
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/Semester          : X / Gasal
Materi Pokok             : Congratulation
Sub Materi Pokok     : teks lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya.
Alokasi Waktu           : 2 x 3jp

A.      KOMPETENSI INTI
KI-3 (Pengetahuan)         : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)        : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Bahasa Inggris.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.       KOMPETENSI DASAR
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan
tindakan  memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.               
                                                     
C.      INDIKATOR
(Pengetahuan)
3.2.1         Menganalisis fungsi social , struktur teks, dan unsur kebahasaan dari pemaparan selamat bersayap (extended), dan responnya
3.2.2         Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait ungkapan selamat bersayap (extended), dan responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.

 (Penerapan)
4.2.1         Menyusun percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya.
4.2.3         Memperagakan percakapan tentang pemaparan selamat bersayap (extended), dan responnya

D.      TUJUAN PEMBELAJARAN
 (Pengetahuan)
3.2.1            Setelah mengamati suara audio, peserta didik dapat mengetahui contoh percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya.
3.2.2            Setelah melakukan diskusi kelompok peserta didik dapat menerapkan contoh lain berbagai macam ungkapa percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya.

3.2.3            Setelah mempelajari berbagai contoh ungkapan – percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya.
(Penerapan)
4.2.1            Setelah mengkaji lebih dalam mengenai pemaparan percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya. Peserta didik dapat menyusun percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya .
4.2.2            Setelah mendapat pengarahan dari guru, Peserta didik  dapat memperagakan percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya.
4.2.3            Setelah mempelajari lebih lanjut mengenai percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya, Peserta didik  dapat merespon pertanyaan yang di berikan oleh guru/peserta didik .

  1. MATERI PEMBELAJARAN

CONGRATULATION
Expression of congratulation is an that we use give the congratulations utterance when he or she be succeed when doing something. It is use when congratulate someone because of their someone or celebrating day.

Expression of Congratulations
  • Congratulations!
  • I'm very happy of you!
  • That's wonderful!
  • Good for you!
  • Best of luck!
  • Well done!
  • Fantastic job!
  • You must be very happy with your achievement.
  • I'd like to congratulate you on your accomplishment!
  • Please accept my warmest congratulation
  • I must congratulate you on your success!
  • Happy Birthday
  • Happy New Year
  • Happy Eid Mubarak
  • Happy Anniversary
  • Let me congratulate you
  • I would be the first to congratulate you on...
  • I would like to congratulate you on
  • Please accept my warmest congratulations.
  • May I congratulate you.
  • It was great to hear about...
  • Well done!
Responds to Expresion of Congratulations
  • It's very good of you to say so
  • Thank you, I can't forget your help to me
  • How nice of you to say so
  • Thank you very much for saying so
  • I'm glad you think so
  • Oh, actually it's nothing special
  • Oh, I have a lot to learn yet
  • Oh, not really
  • Oh, nothing to it, actually
  • Oh thanks'


F.       METOD
Model                   : Discovery Learning.
Pendekatan          : saintifik (scientific)
Technique            : menyimak, diskusi kelompok, penugasan individu dan kelompok, role-play.

G.    MEDIA , ALAT, DAN SUMBER BELAJARAN
1.      Media                          : buku, audio, gambar.
2.      Alat / Bahan                : white board dan board marker.
3.      Sumber belajar             : forward an English
(course for Vocational School Students Grade X) kurikulum 2013



H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan 1

Kegiatan
waktu
Pendahuluan
·         Peserta didik   membalas salam guru
·         Peserta didik    berdoa bersama dengan guru
·         Peserta didik   menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
·         Siswa memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR  dan naskah dialog.
·         Siswa membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks,  dan unsur kebahasaan)

10 menit
Inti
1.                  Stimulation (memberi stimulus)
·                     pesertadidik memperhatikan simulan dari guru  dengan memaparkan ungkapan selamat bersayap.
2.                  Problem Statement (mengidentifikasi masalah)
·                     peserta didik menemukan permasalahan apa saja yang dihadapi ketika memperhatikan simulan yang di paparkan oleh guru mengenai ungkapan selamat bersayap.
·                     peserta didik menanyakan apa saja yang berkaitan dengan simulant yang telah di paparkan oleh guru mengenai ungkapan selamat bersayap
·                     peserta didik  mencari informasi lebih dalam berkaitan dengan materi/simulant yang telah di paparkan oleh guru .

3.                  Data Collecting (mengumpulkan data
·                     peserta didik berdiskusi dengan teman mengenai ungkapan selamat bersayap.
·                     peserta didik mencari dan mengumpulkan data/informasi yang dapat digunakan untuk menemukan solusi pemecahan masalah mengenai ungkapan selamat bersayap.
.

105 menit
Penutup
·         Peserta didik   dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Peserta didik  menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
·         Peserta didik  mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya
·         Peserta didik menjawab salam dari guru.
20 menit

Pertemuan ke-2

Kegiatan
waktu
Pendahuluan
·         Peserta didik   membalas salam guru
·         Peserta didik    berdoa bersama dengan guru
·         Peserta didik   menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
10 menit
Inti
1.      Data Processing (mengolah data).
·         peserta didik mencoba mengembangkan pengetahuan konseptualnya mengenai ungkapan selamat bersayap
·         peserta didik mencoba mengeksplorasi kemampuan pengetahuan konseptualnya mengenai ungkapan selamat bersayap.
·         peserta didik mencoba mengaplikasikan ungkapan selamat bersayap  pada kehidupan nyata, sehingga kegiatan ini juga akan melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif.
·         peserta didik logis dan aplikatif mengenai ungkapan selamat bersayap
Verification (memferifikasi).
·         peserta didik mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data dengan memperhatikan feedback dari guru.
·         peserta didik bertanya kepada teman, berdiskkusi, atau mencari sumber yang relevan baik dari buku atau media berkaitan dengan ungkapan selamat bersayap.
·         peserta didik mencoba  mengasosiasi ungkapan selamat bersayap.
·         peserta didik mencoba  menyimpulkan materi berkaitan dengan ungkapan selamat bersayap.
105 menit
Penutup
·         Peserta didik   dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
·         Peserta didik  menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
·         Peserta didik  mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya
·         Peserta didik menjawab salam dari guru.
20 menit

I.         RUBRIK PENILAIAN
1.      Penilaian Kemampuan Pengetahuan dan soal (Lampiran)
Kendal, 18 september 2017
Mengetahui                                                                      
Guru Pendamping MagangIII                                           Mahasiswa Magang III
             


      Aji Rizki Amalia S,Pd. M,Pd.                              Isniyati
     NIP 19840910 201001 1 026                                NPM. 14420138






















1.      MAKE CONVERSATION BASED ON THE PICTURE IN PAIRS !
Description: C:\Users\Isni\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\2017-08-18-09-42-14-137336506.jpeg
WEDDING DAY
Description: C:\Users\Isni\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\2017-08-18-09-41-37--1125193070.jpeg
GRADUATION
Description: C:\Users\Isni\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\2017-08-18-09-41-08-1971129830.jpeg
BIRTHDAY
Description: C:\Users\Isni\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\2017-08-18-09-42-54-1090788193.jpeg
BABY BORN
Description: C:\Users\Isni\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\2017-08-18-09-43-56-416717413.png
WINNING COMPETITION
Description: C:\Users\Isni\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\2017-08-16-19-50-35--1843267212.jpeg
MOTHER’S DAY


Komentar

Postingan Populer