RPP CONGRATULATION SMK
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Kendal
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / Gasal
Materi Pokok : Congratulation
Sub Materi Pokok : teks lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat
bersayap (extended), dan responnya.
Alokasi Waktu : 2 x 3jp
A. KOMPETENSI INTI
KI-3 (Pengetahuan) :
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) :
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur
kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang
kajian/kerja Bahasa Inggris.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan
gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI DASAR
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberikan ucapan selamat
bersayap (extended), dan responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan
tulis sederhana yang melibatkan
tindakan
memberikan ucapan selamat bersayap (extended),
dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
C. INDIKATOR
(Pengetahuan)
3.2.1 Menganalisis
fungsi social , struktur teks, dan unsur kebahasaan dari pemaparan selamat
bersayap (extended), dan responnya
3.2.2 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan terkait ungkapan selamat bersayap (extended), dan responnya sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Penerapan)
4.2.1 Menyusun percakapan/text selamat
bersayap (extended), dan responnya.
4.2.3 Memperagakan
percakapan tentang pemaparan selamat bersayap (extended), dan responnya
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
(Pengetahuan)
3.2.1 Setelah
mengamati suara audio, peserta didik
dapat mengetahui contoh percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya.
3.2.2 Setelah melakukan diskusi kelompok peserta
didik dapat menerapkan
contoh lain berbagai macam ungkapa
percakapan/text selamat bersayap (extended),
dan responnya.
3.2.3 Setelah mempelajari berbagai contoh ungkapan – percakapan/text
selamat bersayap (extended), dan
responnya.
(Penerapan)
4.2.1 Setelah mengkaji lebih dalam mengenai pemaparan percakapan/text
selamat bersayap (extended), dan
responnya. Peserta didik
dapat menyusun percakapan/text selamat bersayap (extended), dan responnya .
4.2.2 Setelah mendapat pengarahan dari guru, Peserta
didik dapat memperagakan percakapan/text
selamat bersayap (extended), dan
responnya.
4.2.3 Setelah mempelajari lebih lanjut mengenai percakapan/text
selamat bersayap (extended), dan
responnya, Peserta didik dapat merespon pertanyaan yang di berikan
oleh guru/peserta didik .
- MATERI
PEMBELAJARAN
CONGRATULATION
Expression
of congratulation is an that we use give the congratulations utterance when he
or she be succeed when doing something. It is use when congratulate someone
because of their someone or celebrating day.
Expression
of Congratulations
|
Responds
to Expresion of Congratulations
|
F. METOD
Model
: Discovery
Learning.
Pendekatan : saintifik (scientific)
Technique : menyimak, diskusi kelompok,
penugasan individu dan kelompok, role-play.
G. MEDIA , ALAT, DAN SUMBER BELAJARAN
1.
Media : buku, audio,
gambar.
2.
Alat / Bahan : white board dan board marker.
3.
Sumber belajar : forward an English
(course for Vocational School Students Grade X)
kurikulum 2013
H.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
|
Kegiatan
|
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik membalas salam
guru
·
Peserta didik berdoa
bersama dengan guru
·
Peserta didik menyatakan
kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
·
Siswa
memperhatikan beberapa pesan yang berisi ucapan selamat dari GAMBAR dan
naskah dialog.
·
Siswa
membacakan contoh-contoh teks pesan berisi ucapan selamat tersebut dengan
ucapan, intonasi, tekanan kata, dengan benar dan lancar.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri pesan yang berisi
ucapan selamat (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan)
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Stimulation
(memberi stimulus)
·
pesertadidik memperhatikan simulan dari
guru dengan memaparkan ungkapan
selamat bersayap.
2.
Problem
Statement (mengidentifikasi masalah)
·
peserta didik menemukan permasalahan apa saja
yang dihadapi ketika memperhatikan simulan yang di paparkan oleh guru
mengenai ungkapan selamat bersayap.
·
peserta didik menanyakan apa saja yang
berkaitan dengan simulant yang telah di paparkan oleh guru mengenai ungkapan
selamat bersayap
·
peserta didik
mencari informasi lebih dalam berkaitan dengan materi/simulant yang
telah di paparkan oleh guru .
3.
Data
Collecting (mengumpulkan data
·
peserta didik berdiskusi dengan teman mengenai
ungkapan selamat bersayap.
·
peserta didik mencari dan mengumpulkan
data/informasi yang dapat digunakan untuk menemukan solusi pemecahan masalah
mengenai ungkapan selamat bersayap.
.
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan panduan
guru menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Peserta didik menyampaikan pendapat
atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
·
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya
·
Peserta didik menjawab salam dari guru.
|
20 menit
|
Pertemuan
ke-2
|
Kegiatan
|
waktu
|
Pendahuluan
|
·
Peserta didik membalas salam
guru
·
Peserta didik berdoa
bersama dengan guru
·
Peserta didik menyatakan
kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Data Processing (mengolah data).
·
peserta
didik mencoba mengembangkan pengetahuan konseptualnya mengenai
ungkapan selamat bersayap
·
peserta
didik mencoba mengeksplorasi kemampuan pengetahuan konseptualnya mengenai
ungkapan selamat bersayap.
·
peserta
didik mencoba mengaplikasikan
ungkapan selamat bersayap pada kehidupan nyata, sehingga kegiatan ini
juga akan melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif.
·
peserta
didik logis dan aplikatif mengenai ungkapan selamat bersayap
Verification (memferifikasi).
·
peserta
didik mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data dengan
memperhatikan feedback dari guru.
·
peserta
didik bertanya kepada teman, berdiskkusi, atau mencari sumber yang relevan baik
dari buku atau media berkaitan dengan ungkapan selamat bersayap.
·
peserta
didik mencoba mengasosiasi ungkapan selamat bersayap.
·
peserta
didik mencoba menyimpulkan
materi berkaitan dengan ungkapan selamat bersayap.
|
105 menit
|
Penutup
|
·
Peserta didik dengan panduan
guru menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Peserta didik menyampaikan pendapat
atau perasaan atas pembelajaran yang dilakukan
·
Peserta didik mendengarkan
penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan berikutnya
·
Peserta didik menjawab salam dari guru.
|
20 menit
|
I.
RUBRIK
PENILAIAN
1.
Penilaian Kemampuan Pengetahuan dan soal (Lampiran)
Kendal, 18 september 2017
Mengetahui
Guru Pendamping MagangIII Mahasiswa Magang III
Aji Rizki Amalia
S,Pd. M,Pd. Isniyati
NIP 19840910 201001 1 026 NPM. 14420138
1.
MAKE CONVERSATION BASED ON THE PICTURE IN PAIRS !
![]()
WEDDING DAY
|
![]()
GRADUATION
|
![]()
BIRTHDAY
|
![]()
BABY BORN
|
![]()
WINNING COMPETITION
|
![]()
MOTHER’S DAY
|
Komentar