RPP INTRODUCTION
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Kendal
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / Gasal
Materi Pokok : Introduction
Sub Materi Pokok : Teks lisan dan tulis sederhana, untuk
memaparkan, menanyakan. Dan merespon
pemaparan jati diri.
Alokasi Waktu : 2 x 3jp
A. KOMPETENSI INTI
KI-3
(Pengetahuan) : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4
(Keterampilan) : Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Bahasa
Inggris.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun:
subjective, objective, possessive)
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. INDIKATOR
(Pengetahuan)
3.1.1 Menganalisis fungsi social , struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari pemaparan text jatidiri.
3.1.2
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait jati sesuai dengan
konteks penggunaannya.
(Penerapan)
4.1.1 Menyusun percakapan/text monolog
pemaparan jati diri
4.1.3 Memperagakan percakapan tentang
pemaparan jati diri.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
(Pengetahuan)
3.1.1 Setelah
mengamati suara audio, sispeserta
didik dapat mengetahui contoh cara memperkenalkan diri beserta konten-kontenya.
3.1.2 Setelah melakukan diskusi kelompok peserta
didik dapat menerapkan
contoh lain berbagai macam ungkapa-
ungkapan pemaparan jati diri ke dalam text.
3.1.3 Setelah mempelajari berbagai contoh ungkapan – ungkapan introduction, peserta didik dapat unsur
kebahasaan dari pemaparan text jati diri.
(Penerapan)
4.1.1 Setelah mengkaji lebih dalam mengenai pemaparan text Introduction, Peserta didik dapat menyusun
percakapan/text monolog pemaparan jati diri
4.1.3 Setelah mendapat pengarahan dari guru, Peserta didik dapat memperagakan percakapan tentang
pemaparan jati diri.
4.1.4 Setelah mempelajari lebih lanjut mengenai text Introduction, Peserta didik dapat merespon pertanyaan yang di berikan oleh
guru/peserta didik .
- MATERI PEMBELAJARAN
A.
Introducing
The
expression of self introduction:
·
My name is …
·
I want to introduce my self.
·
Let me introduce my self
·
May I introduce my self
·
Pleased to meet you, I’m ….
Introducing
others :
·
Have you meet …
·
Nabila, please meet Isni.
·
Ihsan, this is Bima, the one I told you
about.
·
May I introduce you to …
·
This is my friend …
Responses :
·
Nice to meet you.
·
Please to meet you.
·
How do you do ?
B.
Greetings and leave takings
Greetings
Expression
|
Responses
|
|
|
Leave takings
Leave
takings
|
Responses
|
|
|
F. METODE
Model
: project-based learning
Pendekatan : saintifik (scientific)
Technique : Group discussion, Simulation,
group and individual assignment berbasis
proyek (project-based learning)
G. MEDIA , ALAT, DAN SUMBER BELAJARAN
1.
Media : buku, audio.
2.
Alat / Bahan : white board dan board marker.
3.
Sumber belajar :
forward an English(course for Vocational School Students Grade X) kurikulum
2013
H. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
1) Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
Peserta
didik membalas salam guru
|
5
menit
|
Peserta
didik berdoa bersama dengan guru
|
|
Peserta
didik menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
|
2) Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
|
a. Menentukan
pertanyaan dasar
|
||
Peserta
didik siap mengikuti pelajaran tentang menunjukkan mengenalkan (introduction)diri
sendiri/ pada orang lain.
|
75
menit
|
|
Peserta didik mendengarkan dengan seksama audio yang di
putar oleh guru.
|
|
|
Peserta
didik mengamati
audio yang di putarkan oleh guru.
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik bertanya tentang audio yang telah di perdengarkan.
|
||
Perserta didik menjelaskan dengan seksama
|
||
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang manfaat atau alasan orang
menunjukkan ungkapan-ungkapan tentang pemaparan jati diri
|
||
Peserta
didik mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukan ungkapan-ungkapan
tentang pemaparan jati diri. misalnya: fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan.
|
b. Membuat desain proyek
|
|
Peserta didik mempertanyakan
tentang perbedaan berbagai ungkapan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
|
|
Peserta didik bertanya
tentang kemungkinan menggunakan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri
dengan media yang lain.
|
|
Peserta didik bertanya tentang
berbagai konteks penggunaan berbagai ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri
|
|
c. Menyusun penjadwalan
|
|
Peserta didik membaca sebuah
teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri yang belum lengkap
|
|
Peserta didik mendengar rekaman
percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri dengan
seksama
|
|
Peserta didik melengkapi
percakapan tersebut dengan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri yang didengarnya
|
|
d. Memonitor kemajuan proyek
|
|
Peserta didik membaca sebuah
teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri.
|
|
Peserta didik
membandingkan dan mencatat perbedaan ungkapan-ungkapan
tentangpemaparan jati diri dan konteks yang digunakan pada teks tersebut
dengan teks yang sebelumnya
|
|
e. Mengkonunikasikan
|
|
Peserta didik secara berpasangan
mempelajari percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan
jati diri
|
|
Peserta didik secara berpasangan
berlatih melakukan percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan
tentangpemaparan jati diri yang telah dipelajari
|
|
Peserta didik mencatat semua
masukan guru baik dari aspek struktur teks, kebahasaan maupun ucapan, tekanan
kata dan intonasi
|
Peserta didik menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris padaungkapan-ungkapan tentangpemaparan
jati diri dalam jurnal belajar atau lembar refleksi diri.
|
3) Kegiatan
Penutup
Peserta
didik
|
Waktu
|
Peserta
didik dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
|
10
menit
|
Peserta
didik menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang
dilakukan.
|
|
Peserta
didik mengerjakan latihan soal ungkapan-ungkapan tentang pemaparan
jati diri
|
|
Peserta
didik membuat rekaman film
percakapan tentangungkapan-ungkapan tpemaparan jati diri di
luar kelas secara berpasangan atau berkelompok (maksimal 4 orang)
|
|
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan
pertemuan berikutnya
|
Pertemuan
2
1) Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
Peserta
didik membalas salam guru
|
5
meni
|
Peserta
didik berdoa bersama dengan guru
|
|
Peserta
didik menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
|
2) Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
a. Memonitor
kemajuan proyek
|
|
Peserta
didik siap mengikuti pelajaran tentang menunjukkan ungkapan-ungkapan
tentang pemaparan jati diri.
|
75
menit
|
Peserta didik mempresentasikan hasil tugas yang sudah
di berikan.
|
|
Pesertadidik mendapat umpan balik dari guru.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan
kartutentang ungkapan-ungkapan pemaparan jati diri, mis. Kartu
nama, paspor, dsb.
|
|
Peserta
didik mengidentifikasi kata-kata atau frasa-frasa yang digunakan untuk
mengungkapkanpemaparan jati diri, mis. Kartu nama, paspor, dsb.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang manfaat atau e
orang memaparkan jati diri.
|
b. Penilaian
hasil
|
|
Peserta
didik mempertanyakan tentang budaya menggunakan kartu nama
dalam budaya Inggris dan budaya Indonesia
|
|
Peserta
didik mempertanyakan tentangmacam kartu nama.
|
|
Peserta
didik bertanya tentang kemungkinan menggunakan media yang lain.
|
|
c. Mengevaluasi
pengalaman.
|
|
Peserta
didik membaca sebuah teks tentang ungkapanpemaparan jati diri.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan kartu
ucapan untukpemaparan jati diri.
|
Peserta
didik mencatat semua masukan guru baik dari aspek fungsi ember, struktur
teks, bentuk bahasa maupun format penulisannya.
|
|
Peserta
didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris
untukmemaparkan jati diri dalam jurnal belajar atau lembar refleksi
diri.
|
3) Kegiatan
Penutup
Peserta
didik
|
Waktu
|
Peserta
didik dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
|
10
menit
|
Peserta
didik menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang
dilakukan
|
|
Peserta
didik mengerjakan latihan soalpemaparan jati diri.
|
|
Peserta
didik membuat sebuah kartunama.
|
|
Peserta
didik membuat surat lamaran pekerjaan.
|
|
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan
berikutnya
|
I.
RUBRIK
PENILAIAN
1.
Penilaian Kemampuan Pengetahuan dan soal (Lampiran1 )
2.
Penilaian Kemampuan Penerapan (Lampiran 2 )
Semarang, 20 juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Magang III Mahasiswa Magang III
Aji Rizki Amalia S,Pd. M,Pd. Isniyati
NPM. 14420138
Lampiran 1 : Penilaian Pengetahuan
1.
Teknik Penilaian :
Observasi
2.
Bentuk Penilaian :
Kolom Observasi
3.
Panduan Penilaian :
EXCERCISE :
Fill the blank with the right words.
A.
SUBJECTIVE
PRONOUNS :
1. _____ (Me/I) come to yogyakarta every
month.
2. _____ (His/He) spends the weekend playing
guitar.
3. _____ (They/Them) told me that they sent
e-mail to each other every day.
4. _____ (We/Ours) plan to visit Thayland
next year.
5. _____ (We/It) can clim Bromo Mountain
together on July.
B.
OBJECTIVE
PRONOUNS :
1. I am going to introduce _____ (she/her) to
one of my pen pals in Malaysia.
2. Lolita told (we/me) that she wanted to
send a birthday gift to her pen pal in Papua.
3. My friends and I have regular meetins with pen pal seeker
group. Ypu can join _____ (it/its) anytime.
4. He told me that he had many e-pals but he
no longer keep in touch with _____ (theirs/them)
5. It is obvious that Marina desperately
wants to visit Malang very soon. She talked about ____ (them/it) frequently
these days.
C.
POSSESSIVE
ADJECTIVES :
1. I am going to wash ____ (my/me) hand.
2. Do you like ____ (you/your) pen pals ?
3. _____ (He/His) hobby is reading the
biography of famous people.
4. She is sixteen and _____ (her/she) school
is in Minneapolis.
5. They run their family bussiness themselves
because _____ (they/their) father died last year.
Kunci Jawaban :
A.
...
1. I
2. He
3. They
4. We
5. We
B.
...
1. Her
2. Me
3. It
4. Them
5. It
C.
...
1. My
2. Your
3. His
4. Her
5. There
A. Petunjuk
Penilaian Soal
No.
|
Butir Soal
|
Bobot soal
|
Kriteria Pensekoran
|
Nilai Akhir
|
|
0
|
10
|
||||
A
1.
|
_____ (Me/I) come to yogyakarta every
month.
|
10
|
|||
2.
|
_____ (His/He) spends the weekend
playing guitar.
|
10
|
|||
3.
|
_____ (They/Them) told me that they sent
e-mail to each other every day.
|
10
|
|||
4.
|
_____ (We/Ours) plan to visit Thayland
next year.
|
10
|
|||
5.
|
_____ (We/It) can clim Bromo Mountain
together on July.
|
10
|
|
||
B
1.
|
I am going to introduce _____ (she/her)
to one of my pen pals in Malaysia.
|
10
|
|
|
|
2.
|
Lolita told (we/me) that she wanted to
send a birthday gift to her pen pal in Papua.
|
10
|
|
|
|
3.
|
My friends and I have regular meetins with pen pal seeker
group. Ypu can join _____ (it/its) anytime.
|
10
|
|
|
|
4.
|
He told me that he had many e-pals but
he no longer keep in touch with _____ (theirs/them)
|
10
|
|
|
|
5.
|
It is obvious that Marina desperately
wants to visit Malang very soon. She talked about ____ (them/it) frequently
these days.
|
10
|
|
|
|
C.
1.
|
I am going to wash ____ (my/me) hand.
|
10
|
|
|
|
2.
|
Do you like ____ (you/your) pen pals ?
|
10
|
|
|
|
3.
|
_____ (He/His) hobby is reading the
biography of famous people.
|
10
|
|
|
|
4.
|
She is sixteen and _____ (her/she)
school is in Minneapolis.
|
10
|
|
|
|
5.
|
They run their family bussiness
themselves because _____ (they/their) father died last year.
|
10
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal = 150
|
B. Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
soal
Skor 10
|
jika jawaban benar
|
Skor 0
|
jika pesjawaban salah
|
Penentuan Nilai
Nilai = skor yang diperoleh : 3 x 2
skor maksimum
100 = 150 : 3 x 2
Lampiran 2 : Penilaian Tes Lisan
1.
Teknik Penilaian :
Observasi
2.
Bentuk Penilaian :
Kolom Observasi
3.
Panduan Penilaian :
Criteria
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika semua kriteria terpenuhi)
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika salah satu kriteria tidak terpenuhi)
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika ada dua
kriteria tidak terpenuhi)
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika ada tiga ataupun empat kriteria tidak
terpenuhi)
|
Score
|
Sangat
Bagus
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
5
|
4
|
3
|
2
|
LEMBAR PENGAMATAN TES LISAN
Kelas :
...............................
Hari, Tanggal :
...............................
Materi :
...............................
No.
|
Nama Peserta didik
|
Sangat Bagus
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Etc.
|
|
|
|
|
|
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Negeri 2 Kendal
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / Gasal
Materi Pokok : Introduction
Sub Materi Pokok : Teks lisan dan tulis sederhana, untuk
memaparkan, menanyakan. Dan merespon
pemaparan jati diri.
Alokasi Waktu : 2 x 3jp
A. KOMPETENSI INTI
KI-3
(Pengetahuan) : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4
(Keterampilan) : Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Bahasa
Inggris.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan
standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
B. KOMPETENSI DASAR
3.1 Menerapkan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga,
sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun:
subjective, objective, possessive)
4.1 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan
tulis pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
C. INDIKATOR
(Pengetahuan)
3.1.1 Menganalisis fungsi social , struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari pemaparan text jatidiri.
3.1.2
Menerapkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan terkait jati sesuai dengan
konteks penggunaannya.
(Penerapan)
4.1.1 Menyusun percakapan/text monolog
pemaparan jati diri
4.1.3 Memperagakan percakapan tentang
pemaparan jati diri.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
(Pengetahuan)
3.1.1 Setelah
mengamati suara audio, sispeserta
didik dapat mengetahui contoh cara memperkenalkan diri beserta konten-kontenya.
3.1.2 Setelah melakukan diskusi kelompok peserta
didik dapat menerapkan
contoh lain berbagai macam ungkapa-
ungkapan pemaparan jati diri ke dalam text.
3.1.3 Setelah mempelajari berbagai contoh ungkapan – ungkapan introduction, peserta didik dapat unsur
kebahasaan dari pemaparan text jati diri.
(Penerapan)
4.1.1 Setelah mengkaji lebih dalam mengenai pemaparan text Introduction, Peserta didik dapat menyusun
percakapan/text monolog pemaparan jati diri
4.1.3 Setelah mendapat pengarahan dari guru, Peserta didik dapat memperagakan percakapan tentang
pemaparan jati diri.
4.1.4 Setelah mempelajari lebih lanjut mengenai text Introduction, Peserta didik dapat merespon pertanyaan yang di berikan oleh
guru/peserta didik .
- MATERI PEMBELAJARAN
A.
Introducing
The
expression of self introduction:
·
My name is …
·
I want to introduce my self.
·
Let me introduce my self
·
May I introduce my self
·
Pleased to meet you, I’m ….
Introducing
others :
·
Have you meet …
·
Nabila, please meet Isni.
·
Ihsan, this is Bima, the one I told you
about.
·
May I introduce you to …
·
This is my friend …
Responses :
·
Nice to meet you.
·
Please to meet you.
·
How do you do ?
B.
Greetings and leave takings
Greetings
Expression
|
Responses
|
|
|
Leave takings
Leave
takings
|
Responses
|
|
|
F. METODE
Model
: project-based learning
Pendekatan : saintifik (scientific)
Technique : Group discussion, Simulation,
group and individual assignment berbasis
proyek (project-based learning)
G. MEDIA , ALAT, DAN SUMBER BELAJARAN
1.
Media : buku, audio.
2.
Alat / Bahan : white board dan board marker.
3.
Sumber belajar :
forward an English(course for Vocational School Students Grade X) kurikulum
2013
H. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan
1
1) Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
Peserta
didik membalas salam guru
|
5
menit
|
Peserta
didik berdoa bersama dengan guru
|
|
Peserta
didik menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
|
2) Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
|
a. Menentukan
pertanyaan dasar
|
||
Peserta
didik siap mengikuti pelajaran tentang menunjukkan mengenalkan (introduction)diri
sendiri/ pada orang lain.
|
75
menit
|
|
Peserta didik mendengarkan dengan seksama audio yang di
putar oleh guru.
|
|
|
Peserta
didik mengamati
audio yang di putarkan oleh guru.
|
|
|
|
|
|
Peserta
didik bertanya tentang audio yang telah di perdengarkan.
|
||
Perserta didik menjelaskan dengan seksama
|
||
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang manfaat atau alasan orang
menunjukkan ungkapan-ungkapan tentang pemaparan jati diri
|
||
Peserta
didik mengidentifikasi ciri-ciri interaksi menunjukan ungkapan-ungkapan
tentang pemaparan jati diri. misalnya: fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan.
|
b. Membuat desain proyek
|
|
Peserta didik mempertanyakan
tentang perbedaan berbagai ungkapan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia
|
|
Peserta didik bertanya
tentang kemungkinan menggunakan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri
dengan media yang lain.
|
|
Peserta didik bertanya tentang
berbagai konteks penggunaan berbagai ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri
|
|
c. Menyusun penjadwalan
|
|
Peserta didik membaca sebuah
teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri yang belum lengkap
|
|
Peserta didik mendengar rekaman
percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri dengan
seksama
|
|
Peserta didik melengkapi
percakapan tersebut dengan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati
diri yang didengarnya
|
|
d. Memonitor kemajuan proyek
|
|
Peserta didik membaca sebuah
teks percakapan tentang ungkapan-ungkapan tentangpemaparan jati diri.
|
|
Peserta didik
membandingkan dan mencatat perbedaan ungkapan-ungkapan
tentangpemaparan jati diri dan konteks yang digunakan pada teks tersebut
dengan teks yang sebelumnya
|
|
e. Mengkonunikasikan
|
|
Peserta didik secara berpasangan
mempelajari percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan tentangpemaparan
jati diri
|
|
Peserta didik secara berpasangan
berlatih melakukan percakapan yang menggunakan ungkapan-ungkapan
tentangpemaparan jati diri yang telah dipelajari
|
|
Peserta didik mencatat semua
masukan guru baik dari aspek struktur teks, kebahasaan maupun ucapan, tekanan
kata dan intonasi
|
Peserta didik menuliskan
permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris padaungkapan-ungkapan tentangpemaparan
jati diri dalam jurnal belajar atau lembar refleksi diri.
|
3) Kegiatan
Penutup
Peserta
didik
|
Waktu
|
Peserta
didik dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
|
10
menit
|
Peserta
didik menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang
dilakukan.
|
|
Peserta
didik mengerjakan latihan soal ungkapan-ungkapan tentang pemaparan
jati diri
|
|
Peserta
didik membuat rekaman film
percakapan tentangungkapan-ungkapan tpemaparan jati diri di
luar kelas secara berpasangan atau berkelompok (maksimal 4 orang)
|
|
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan
pertemuan berikutnya
|
Pertemuan
2
1) Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
Peserta
didik membalas salam guru
|
5
meni
|
Peserta
didik berdoa bersama dengan guru
|
|
Peserta
didik menyatakan kehadirannya dengan berkata, “I am here.”
|
2) Kegiatan
Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
a. Memonitor
kemajuan proyek
|
|
Peserta
didik siap mengikuti pelajaran tentang menunjukkan ungkapan-ungkapan
tentang pemaparan jati diri.
|
75
menit
|
Peserta didik mempresentasikan hasil tugas yang sudah
di berikan.
|
|
Pesertadidik mendapat umpan balik dari guru.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan
kartutentang ungkapan-ungkapan pemaparan jati diri, mis. Kartu
nama, paspor, dsb.
|
|
Peserta
didik mengidentifikasi kata-kata atau frasa-frasa yang digunakan untuk
mengungkapkanpemaparan jati diri, mis. Kartu nama, paspor, dsb.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan guru tentang manfaat atau e
orang memaparkan jati diri.
|
b. Penilaian
hasil
|
|
Peserta
didik mempertanyakan tentang budaya menggunakan kartu nama
dalam budaya Inggris dan budaya Indonesia
|
|
Peserta
didik mempertanyakan tentangmacam kartu nama.
|
|
Peserta
didik bertanya tentang kemungkinan menggunakan media yang lain.
|
|
c. Mengevaluasi
pengalaman.
|
|
Peserta
didik membaca sebuah teks tentang ungkapanpemaparan jati diri.
|
|
Peserta
didik menjawab pertanyaan-pertanyaan sehubungan dengan kartu
ucapan untukpemaparan jati diri.
|
Peserta
didik mencatat semua masukan guru baik dari aspek fungsi ember, struktur
teks, bentuk bahasa maupun format penulisannya.
|
|
Peserta
didik menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris
untukmemaparkan jati diri dalam jurnal belajar atau lembar refleksi
diri.
|
3) Kegiatan
Penutup
Peserta
didik
|
Waktu
|
Peserta
didik dengan panduan guru menyimpulkan hasil pembelajaran
|
10
menit
|
Peserta
didik menyampaikan pendapat atau perasaan atas pembelajaran yang
dilakukan
|
|
Peserta
didik mengerjakan latihan soalpemaparan jati diri.
|
|
Peserta
didik membuat sebuah kartunama.
|
|
Peserta
didik membuat surat lamaran pekerjaan.
|
|
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang rencana kegiatan pertemuan
berikutnya
|
I.
RUBRIK
PENILAIAN
1.
Penilaian Kemampuan Pengetahuan dan soal (Lampiran1 )
2.
Penilaian Kemampuan Penerapan (Lampiran 2 )
Semarang, 20 juli 2017
Mengetahui
Guru Pamong Magang III Mahasiswa Magang III
Aji Rizki Amalia S,Pd. M,Pd. Isniyati
NPM. 14420138
Lampiran 1 : Penilaian Pengetahuan
1.
Teknik Penilaian :
Observasi
2.
Bentuk Penilaian :
Kolom Observasi
3.
Panduan Penilaian :
EXCERCISE :
Fill the blank with the right words.
A.
SUBJECTIVE
PRONOUNS :
1. _____ (Me/I) come to yogyakarta every
month.
2. _____ (His/He) spends the weekend playing
guitar.
3. _____ (They/Them) told me that they sent
e-mail to each other every day.
4. _____ (We/Ours) plan to visit Thayland
next year.
5. _____ (We/It) can clim Bromo Mountain
together on July.
B.
OBJECTIVE
PRONOUNS :
1. I am going to introduce _____ (she/her) to
one of my pen pals in Malaysia.
2. Lolita told (we/me) that she wanted to
send a birthday gift to her pen pal in Papua.
3. My friends and I have regular meetins with pen pal seeker
group. Ypu can join _____ (it/its) anytime.
4. He told me that he had many e-pals but he
no longer keep in touch with _____ (theirs/them)
5. It is obvious that Marina desperately
wants to visit Malang very soon. She talked about ____ (them/it) frequently
these days.
C.
POSSESSIVE
ADJECTIVES :
1. I am going to wash ____ (my/me) hand.
2. Do you like ____ (you/your) pen pals ?
3. _____ (He/His) hobby is reading the
biography of famous people.
4. She is sixteen and _____ (her/she) school
is in Minneapolis.
5. They run their family bussiness themselves
because _____ (they/their) father died last year.
Kunci Jawaban :
A.
...
1. I
2. He
3. They
4. We
5. We
B.
...
1. Her
2. Me
3. It
4. Them
5. It
C.
...
1. My
2. Your
3. His
4. Her
5. There
A. Petunjuk
Penilaian Soal
No.
|
Butir Soal
|
Bobot soal
|
Kriteria Pensekoran
|
Nilai Akhir
|
|
0
|
10
|
||||
A
1.
|
_____ (Me/I) come to yogyakarta every
month.
|
10
|
|||
2.
|
_____ (His/He) spends the weekend
playing guitar.
|
10
|
|||
3.
|
_____ (They/Them) told me that they sent
e-mail to each other every day.
|
10
|
|||
4.
|
_____ (We/Ours) plan to visit Thayland
next year.
|
10
|
|||
5.
|
_____ (We/It) can clim Bromo Mountain
together on July.
|
10
|
|
||
B
1.
|
I am going to introduce _____ (she/her)
to one of my pen pals in Malaysia.
|
10
|
|
|
|
2.
|
Lolita told (we/me) that she wanted to
send a birthday gift to her pen pal in Papua.
|
10
|
|
|
|
3.
|
My friends and I have regular meetins with pen pal seeker
group. Ypu can join _____ (it/its) anytime.
|
10
|
|
|
|
4.
|
He told me that he had many e-pals but
he no longer keep in touch with _____ (theirs/them)
|
10
|
|
|
|
5.
|
It is obvious that Marina desperately
wants to visit Malang very soon. She talked about ____ (them/it) frequently
these days.
|
10
|
|
|
|
C.
1.
|
I am going to wash ____ (my/me) hand.
|
10
|
|
|
|
2.
|
Do you like ____ (you/your) pen pals ?
|
10
|
|
|
|
3.
|
_____ (He/His) hobby is reading the
biography of famous people.
|
10
|
|
|
|
4.
|
She is sixteen and _____ (her/she)
school is in Minneapolis.
|
10
|
|
|
|
5.
|
They run their family bussiness
themselves because _____ (they/their) father died last year.
|
10
|
|
|
|
Jumlah skor maksimal = 150
|
B. Rubrik Penilaian (Pengetahuan/Pemahaman)
soal
Skor 10
|
jika jawaban benar
|
Skor 0
|
jika pesjawaban salah
|
Penentuan Nilai
Nilai = skor yang diperoleh : 3 x 2
skor maksimum
100 = 150 : 3 x 2
Lampiran 2 : Penilaian Tes Lisan
1.
Teknik Penilaian :
Observasi
2.
Bentuk Penilaian :
Kolom Observasi
3.
Panduan Penilaian :
Criteria
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika semua kriteria terpenuhi)
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika salah satu kriteria tidak terpenuhi)
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika ada dua
kriteria tidak terpenuhi)
|
Jika
video menarik dan kreatif,
kemampuan berbicara baik, intonasi jelas, sesui dengan intruksi yang di berikan.
(jika ada tiga ataupun empat kriteria tidak
terpenuhi)
|
Score
|
Sangat
Bagus
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
5
|
4
|
3
|
2
|
LEMBAR PENGAMATAN TES LISAN
Kelas :
...............................
Hari, Tanggal :
...............................
Materi :
...............................
No.
|
Nama Peserta didik
|
Sangat Bagus
|
Bagus
|
Cukup
|
Kurang
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
Etc.
|
|
|
|
|
|
Komentar