SILABUS K13 BAHASA INGGRIS SMK REVISI 2017
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Seluruh
Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Seluruh Program
Keahlian
Kompetensi Keahlian :
Seluruh Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Tujuan
kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek
kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler,
dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap
spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja
sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan
kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian/kerja _________________________________(diisi Nama Mapel)pada tingkat teknis,
spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja
__________________________ ___________________(diisi Nama Mapel).
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan,
gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait jati diri dan hubungan keluarga, sesuai dengan
konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan pronoun: subjective, objective, possessive)
|
4.1
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
yang benar dan sesuai konteks penggunaannya.
|
6
|
3.2
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.2
Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang
melibatkan tindakan memberikan ucapan
selamat bersayap (extended), dan responnya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks.
|
6
|
3.3
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
(Perhatikan unsur kebahasaan be going
to, would like to)
|
4.3
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait niat
melakukan suatu tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
penggunaannya.
|
6
|
3.4
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.4.Menyusun
teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda
dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.5
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait
kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.5.Menyusun teks
khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement),
lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
6
|
3.6
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks
penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan simple past tense vs present perfect tense)
|
4.6
Menyusun teks interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan
sederhana, yang melibatkan tindakan unsur dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/ kegiatan/ kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau
yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.7
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks recount lisan dan
tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait peristiwa/pengalaman
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.7. Menyusun
teks recount lisan dan tulis,
pendek dan sederhana, terkait peristiwa/pengalaman, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
9
|
3.8
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks naratif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait legenda rakyat sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.8 Menyajikan teks naratif pendek dan sederhana terkait legenda rakyat
secara lisan dan tulis dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.9
Menganalisis fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk memo, menu, schedule dan signs dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah atau tempat kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
4.9 Menyusun teks khusus dalam
bentuk memo, menu, jadwal dan tanda-tanda
(signs) lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai
konteks.
|
12
|
3.10
Menerapkan fungsi social, struktur teks dan unsur
kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi terkait perbandingan kata sifat sesuai dengan bidang keahlian dan konteks
penggunaannya.
|
4.10 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan member dan
meminta informasi terkait perbandingan kata sifat dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
9
|
3.11
Menganalisis fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan
tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
4.11 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi tentang petunjuk arah (direction) dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks di
dunia kerja.
|
9
|
3.12
Menganalisis fungsi social, struktur teks dan
unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas rutin sederhana (simple routine tasks) sesuai dengan
konteks penggunaan di dunia kerja.
|
4.12 Menyusun
teks interaksi transaksional lisan dan tulis, pendek dan sederhana yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan/tugas-tugas
rutin sederhana (simple routine tasks)
dengan memperhatikan fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
9
|
3.13
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
saran dan tawaran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan should, can)
|
4.13 Menyusun teks
interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait saran dan tawaran,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
6
|
|
|
|
3.14
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan I think, I suppose, in my opinion)
|
4.14 Menyusun teks
interaksi transaksional, lisan dan tulis, pendek dan sederhana, yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pendapat dan
pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.15
Menerapkan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait pesan sederhana
lewat telephone (taking simple phone message)
sesuai dengan konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
4.15 Menuliskan kembali teks pesan sederhana lewat telephone terkait
tempat kerja dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan secara benar dan sesuai konteks dunia kerja.
|
12
|
3.16
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks khusus dalam bentuk undangan resmi dengan memberi dan meminta
informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.16 Menyusun teks khusus
dalam bentuk undangan resmi lisan dan tulis, terkait kegiatan sekolah/tempat
kerja, dengan memperhatikan fungsi nsure, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.17
Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa
teks khusus dalam bentuk surat pribadi dengan memberi dan menerima informasi
terkait kegiatan diri sendiri dan
orang sekitarnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.17 Menyusun teks khusus
dalam bentuk surat pribadi terkait kegiatan diri sendiri dan orang
sekitarnya, lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.18
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
beberapa teks prosedur lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi
terkait manual penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), pendek dan sederhana, sesuai dengan bidang keahlian dan
konteks penggunaannya
|
4.18
Menyusun teks prosedur, lisan
dan tulis, dalam bentuk manual terkait penggunaan teknologi dan kiat-kiat (tips), dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
9
|
3.19
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan /tindakan/ kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan passive voice)
|
4.19 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait
keadaan/tindakan/kegiatan/ kejadian tanpa perlu menyebutkan pelakunya dalam
teks ilmiah, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
15
|
3.20
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi suatu
keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.20 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika terjadi
suatu keadaan/kejadian/peristiwa di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
9
|
3.21
Menganalisis struktur teks dan unsur kebahasaan
untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual
report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah faktual
tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain.
|
4.21 Menyusun teks
ilmiah faktual (factual report),
lisan dan tulis, sederhana, tentang orang, binatang, benda, gejala dan
peristiwa alam dan sosial, terkait dengan mata pelajaran lain.
|
12
|
3.22 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks eksposisi analitis lisan dan tulis
dengan memberi dan meminta informasi terkait isu aktual, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.22 Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu
aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
12
|
3.23 Menganalisis fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.23 Menyusun teks biografi tokoh lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
12
|
|
|
|
3.24 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
memberi dan meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, sesuai
dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan because of ..., due to ..., thanks to ...)
|
4.24 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait hubungan sebab akibat, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.25 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penulisan laporan sederhana.
|
4.25 Menyusun teks
interaksi transaksional tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penulisan laporan sederhana dengan memperhatikan fungsi
social, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan
konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
8
|
3.26 Menganalisis fungsi social, struktur teks dan unsur kebahasaan teks
interaksi transaksional yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penyajian laporan secara lisan (report presentation)
|
4.26 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait penyajian laporan dengan memperhatikan fungsi social,
struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
penggunaannya di dunia kerja.
|
10
|
3.27 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menawarkan jasa, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur
kebahasaan May I help you?, What can I
do for you? What if ...?)
|
4.27 Menyusun teks
interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan
menawarkan jasa, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4
|
3.28 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk
surat lamaran kerja, dengan memberi dan meminta informasi terkait jati diri,
latar belakang pendidikan/pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.28
Menyusun teks khusus surat
lamaran kerja, yang memberikan informasi antara lain jati diri, latar
belakang pendidikan/pengalaman kerja,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
8
|
3.29 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan)
|
4.29 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan yang melibatkan tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri dalam konteks pekerjaan (wawancara pekerjaan),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks penggunaannya di dunia kerja.
|
12
|
3.30
Menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
6.30 Menyusun teks lisan dan
tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
6
|
3.31 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan
memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/radio/TV,
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
6.31 Menangkap makna
secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks news items lisan dan tulis,
dalam bentuk berita sederhana koran/radio/TV
|
6
|
3.32 Menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional
lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, sesuai dengan bidang
keahlian dan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan if dengan imperative, can, should)
|
4.32 Menyusun teks
interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan
meminta informasi terkait pengandaian diikuti oleh perintah/saran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
6
|
Jumlah
|
284
|
Malang, 28 Februari 2017
Penyusun:
1.
Ristanti
Anistiya,S.Pd
(HP: 087873745005)
2.
Indira
Sari Paputungan,M.Ed
(HP: 0811223837)
Komentar